Ada Apa Dengan 12 Mei? Momen dan Peristiwa Penting Para Musisi Dunia


mick jagger menikahi bianca pada 12 mei

Mick Jagger saat menikah dengan Bianca 12 Mei 1971 (Foto: kzok.cbslocal.com)

Portalmusikmalang.com – Terkadang tanggal dan bulan bisa mempunyai arti yang sangat penting bagi seseorang. Disitu tercatat dan terekam berbagai peristiwa atau momen special yang dianggap penting. Seperti halnya anda terlahir di tanggal dan bulan berapa yang kemudian kelak akan menjadi catatan untuk merayakan ditiap tahunnya bagi yang ingin merayakannya.

Nah ngomongin tanggal dan bulan, ternyata setelah menelusuri dari berbagai sumber, pada tanggal 12 Mei ini banyak peristiwa dan momen menarik untuk diangkat dan diingat kembali khususnya dalam lingkup musik. Nah apa saja sih yang terjadi pada tanggal 12 Mei yang jatuh pada hari ini.

1739 – Komposer Jan Krtitel Vanhal lahir di Nechanice, Ceko.

1754 – Komposer Franz Anton Hoffmeister lahir di Rottenburg am Neckar, Jerman.

1755 – Komposer Giovanni Battista Viotti lahir di Fontanetto Po, Italia.

1842 – Komposer Jules-Emile-Frederic Massenet lahir di Montaud, Hérault, Perancis.

1845 – Komposer Gabriel-Urbain Faure lahir Pamiers, Perancis.

1903 – Komposer Sir Lennox Berkeley lahir di Boars Hill, Britania Raya.

1955 – Penyanyi yang dikenal dengan tembang jadulnya “Hard to Get” Gisele MacKenzie diundang sebagai bintang tamu dan bernyanyi pada program NBC-TV “Justice.”

1960 – Frank Sinatra dan Elvis Presley muncul di TV khusus yang sama dan menyanyikan hits berbeda. Bila Elvis menyanyikan “Witchcraft” sedangkan Sinatra menyanyikan “Love Me Tender.”

1963 – Bob Dylan berjalan keluar dalam latihan mengenakan dress di “The Ed Sullivan Show”, ketika itu CBS mengatakan bahwa dia tidak bisa menunjukkan “Talkin’ John Birch Paranoid Blues.”

1965 – Band legendaris Rolling Stones merekam ulang single “(I Can’t Get No) Satisfaction”. Single tersebut menduduki peringkat 1 di Top Chart US.

1967 – The Jimi Hendrix Experience merilis album debut mereka “Are You Experienced.” Band tersebut dibentuk oleh Jimi Hendrix sebagai gitar dan vocal, Noel Redding sebagai bassis dan backing vocal serta Mitch Mitchell sebagai penggebuk drum.

1967 – Vokalis grup R&B Archie Bell & the Drells, Archie Bell direkrut menjadi anggota militer AS untuk tugas di Vietnam.

1969 – Perancang busana Jeannie “Genie Tailor” Franklyn dan drummer Martin Lamble (Fairport Convention) tewas dalam kecelakaan mobil di London.

1971 – Musisi dan pianis kenamaan Amerika, yang dikenal dengan julukan ‘The Killer’ Jerry Lee Lewis dicerai oleh istri sekaligus sepupunya sendiri Myra Gale Brown.

1971 – Setelah konser di Perancis September 1970, Mick Jagger merayakan pesta pernikahan dengan Bianca Perez Morena de Macias.

1972 – Rolling Stones merilis album “Exile on Main St.” Dalam album tersebut, mereka memasukkan rock and roll, blues, soul, country, dan gospel.

1977 – Album “Hotel California” dari band legendaris Eagles meraih predikat The Best-Selling Album saat itu. Menempatkan tiga singlenya merajai tangga lagu diberbagai chart list populer.

1985 – Momen special bagi penyanyi tembang terkenal ‘Hello’ Lionel Richie. Ia meraih predikat Doctor of Music, merupakan gelar kehormatan yang diberikan kepada Richie dari almamaternya, Tuskegee Institute di Alabama.

1999 – Pemilik sejumlah tembang Golden Hits, George Jones mengaku bersalah saat mengemudi, ia didakwa melanggar hukum terbuka di Franklin. Dan akhirnya dikenakan denda sebesar $ 550.

2002 – Penyanyi dan presenter terkenal disalah satu program televisi Amerika, Dionne Warwick ditangkap petugas keamanan Bandara Internasional Miami. Saat digeledah, dalam bagasinya (koper) ditemukan 11 batang rokok ganja yang tersimpan dalam wadah lipstik.

2002 – Bassis band legendaris band Aerosmith, Tom Hamilton mengalami nasib naas. Rumahnya yang sedang dibangun di Cape Cod ludes dilalap si jago merah.

Nah bagaimana, menarik bukan?, sebenarnya masih banyak berbagai momen dan peristiwa menarik yang tercatat pada tanggal tersebut. Namun, rangkuman diatas cukup mewakili catatan sejarah dalam dunia musik yang terjadi pada tanggal 12 Mei beberapa waktu silam atau ratusan yang lalu. (ery/c1/sip).

Info Terkait


Bagaimana Menurutmu?

Komentari Artikel Ini

Your email address will not be published.

Berita: Malang | Indonesia | Mancanegara | Info Gear | FaMoooSsss | Info Event | Foto | Kami | Iklan | Sitemap | Kontak | Redaksi | Pedoman Penulisan Siber | Kode Etik Jurnalistik |