Anda Segan Belajar Gitar? Nih Tips Bermain Gitar Yang Baik Bagi Pemula


Anda Segan Belajar Gitar Nih Tips Bermain Gitar Yang Baik Bagi Pemula

ilustrasi belajar bermain gitar ©mashable.com

Portalmusikmalang.com – Mempunyai hobi bermusik rasanya tidak lengkap bila anda belum bisa memainkan alat musik seperti gitar. Alamt musik satu ini sudah sedemikian familiarnya, hampir disetiap pelosok negeri ini bakal mudah menemukan orang bermain gitar, tidak terbatas dalam kalangan apapun dan merupakan alat musik yang terkenal dan dapat dijadikan sebagai teman pengiring semua jenis lagu.

Bagi pemula, belajar bermain gitar pada awalnya banyak berkeluh tentang sulitnya memainkan alat musik petik ini dan terkadang membuat stres orang yang mempelajarinya, ujung-ujungnya pun menjadi bosan.

Beberapa alasan klasik, bermain gitar membuat sakit pada ujung jari, terutama jari kiri anda. Wajar, karena jari kiri andalah yang memang digunakan untuk menekan kunci/chord dipapan gitar. Selain itu, bermain gitar bakal membuat ujung jari anda menjadi terasa menebal atu melendung baik jari di tangan kiri maupun kanan. Tak heran, semuanya itu memang membutuhkan pengorbanan dari anda, dan itu semua hanyalah bersifat sementara.

Terlintas dibenak anda untuk kursus, sebaiknya tunda terlebih dahulu keinginan tersebut sebelum anda menguasai tehnik dasar bermain gitar, seperti kunci dasar gitar dan cara bermain rhythm/genjrengan pada gitar. Karena apa?? Jika anda belum menguasai/mengenal hal tersebut, maka hanya akan memperlama waktu anda di tempat kursus, nah hal inilah yang menyebabkan terkadang muncul ‘Mood’nya jadi Down, bete, ataulah merasa sudah mentok duluan.

Sebelum mengarah yang diatas, coba cara hemat terlebih dahulu, yakni anda bisa belajar pada teman, saudara atau tetangga yang anda kenal baik dan bisa bermain gitar (nggak harus jago). Jika tidak ada yang bisa bermain gitar maka anda harus belajar secara otodidak alias belajar sendiri, terus bagaimana caranya??

Langkah awal bermain gitar bagi pemula:
– Siapkan Gitar anada, baik gitar akustik maupun elektrik.
– Cari Buku panduan atau majalah lagu-lagu yang ada kunci/not gitarnya beserta petunjuk kunci/not gitar.
– Siapkan Kaset, CD atau MP3 lagu yang bakal anda pelajari.
– Kemampuan anda cara tuning atau menyetem gitar

Untuk memulai latihan anda harus belajar menyetem (tuning) gitar anda terlebih dahulu, agar suara ke 6 senar gitar anda tidak terdengar Fals, terkesan sepele, tetapi sangat berpengaruh besar terhadap Mood anda. Jika merasa kesulitan, anda bisa minta tolong dari orang lain terlebih dahulu, atau bisa anda browsing cara tuning/setem gitar seperti di situs Youtube, dll. Hal ini akan berguna untuk melatih daya insting anda akan penguasaan nada.

Baik, anggap anda sudah bisa tuning/setem nada, apa langkah selanjutnya yang harus anda lakukan?? Buka kitab, hehehehe, maksudnya buka buku tentang belajar chord-chord dasar dari buku yang sudah anda siapkan.

Jika sudah OK, maka selanjutnya anda tinggal mencoba memainkan pada kunci standar sampai jari anda anda terbiasa dengan posisi masing-masing kunci. Kemudian coba buka buku lagu-lagu yang ada kunci gitarnya, lalu coba ikuti perubahan dari kunci ke kunci dengan teliti hingga sampai benar.

Jika sudah bisa maka anda bisa mencoba bermain bareng dengan suara kaset atau lagu yang sebenarnya. Namun syaratnya adalah seteman pada gitar anda sesuai dengan steman yang ada di kaset (nada dasar sama) dan kunci lagu yang ada di buku atau majalah juga benar sesuai dengan yang di kaset dan gitar anda.

Jika anda sudah agak lancar, maka bisa melanjutkan ke tempat kursus atau berinovasi sendiri dengan belajar hal-hal lainnya dari buku mapun kenalan anda. Jika sudah menguasai anda bisa membentuk sebuah grup band sebagai prakterknya. Nah bagaimana updaters?? anda tertarik untuk belajar gitar? Selamat mencoba, selamat belajar dan semoga anda berhasil. (ery/c1/sip).

Info Terkait


Bagaimana Menurutmu?

Komentari Artikel Ini

Your email address will not be published.

Berita: Malang | Indonesia | Mancanegara | Info Gear | FaMoooSsss | Info Event | Foto | Kami | Iklan | Sitemap | Kontak | Redaksi | Pedoman Penulisan Siber | Kode Etik Jurnalistik |