Angkat Nama Musisi Malang Ke Pasar Internasional Lewat “Malang Go To The World”


program malang go to the world

Malang Go To The World (Foto: portalmusikmalang.com)

Portalmusikmalang.com – Berkeinginan untuk mengenalkan Malang di pasar internasional, Portalmusikmalang.com bersama Music Store berinisial Z membuat terobosan program promosi internasional bagi musisi Malang lewat karya musik berupa rilisan fisik seperti CD contohnya.

Dalam satu bulan terakhir program berjalan (26/2), sejumlah 12 album dalam bentuk rilisan fisik telah didistribusikan keberbagai penjuru kota di dunia lewat program yang bernama #MalangGoToTheWorld dengan tagline “Biarkan dunia melihat dan mendengar”.

Program ini mempunyai visi dan misi salah satunya peran media sebagai salah satu pilar industri kreatif, khususnya pada sektor musik yang kini sedang digaungkan oleh pemerintah.

Di kota Malang sendiri, music store berinisial Z tersebut tidaklah terlalu dikenal, seperti yang kami ketahui dari sang owner, toko tersebut hanya memfokuskan diri dalam penjualan alat musik untuk pasar internasional saja, seperti yang disampaikan kepada portalmusikmalang.com dalam perbincangan (28/3).

“Sudah 7 tahun ini saya membuka usaha penjualan alat musik dan aksesorisnya, dengan fokus berjualan keluar negara saja lewat marketplace yang sudah populer seperti Ebay, Etsy, Bonanza, Ioffer dan lainnya. Dan alhamdullilah dalam usaha saya membangun jaringan pasar internasional diterima dengan baik, dengan terbukti reputasi toko yang saya kelola selalu memperoleh feedback positif.” ujar pria yang enggan ditulis namanya ini.

Saat kami tanyakan bagaimana cara mempromosikan  karya rilisan fisik musisi Malang kepasar internasional? ia pun menjawab demikian, “Jadi saya bikin bundling dengan produk yang saya iklankan tanpa harus menaikkan harga produk yang dijual, kemudian dalam setiap deskripsi produk saya berikan imbuhan, (bagi anda yang telah membeli produk dari kami akan memperoleh CD album musik sebagai hadiah untuk anda) , dan ternyata banyak juga bule-bule yang merespon serta menanyakan tentang maksud itu, dan merekapun bertanya, itu band dari mana? mereka artis terkenal dinegaramu? ya saya jawab saja, mereka adalah band dari kota kami (Malang), anda pasti akan suka dengan karya mereka, pede aja sih menurutku.” ungkapnya.

Seperti kita ketahui, dinegara-negara maju nama Indonesia mungkin masih kurang begitu populer, masyarakat internasional lebih mengenal Bali ketimbang Indonesia. Oleh karena itu dengan tujuan dibuatnya program tersebut, secara tidak langsung juga untuk mengenalkan Malang kepada masyarakat internasional, dan Malang ada dalam salah satu peta dunia yang layak dikunjungi oleh wisatawan asing.

Untuk saat ini, program tersebut sudah berjalan, dan difokuskan terlebih dahulu untuk karya musisi Malang. Terbuka untuk band siapa saja yang ingin mengenalkan karyanya ke pasar Internasional, namun dengan catatan hasil kualitas recording memenuhi persyaratan / layak untuk didengar. Dan setiap dari CD album yang diberangkatkan juga dibeli oleh pemilik music store berinisial Z itu. Jadi, meskipun terhitung program promosi, musisi pemilik rilisan fisik juga memperoleh laba dari hasil penjualan tersebut. Dan tidak dikenakan biaya pengiriman sepersenpun.

Bayangkan saja jika anda harus memberangkatkan sendiri CD album tersebut tanpa mengikuti program #MalangGoToTheWorld? perlu diketahui, biaya paket yang harus dikeluarkan berkisar antara Rp. 180,000 – Rp. 300,000 ke Amerika, Eropa dan negara lainnya.

Hingga kini sudah belasan CD album karya musisi Malang tersebar keberbagai kota di dunia sejak program tersebut digulirkan akhir Februari 2016 lalu, seperti Adelaide (Australia), Ano Glyfada (Greece), Las Vegas (Amerika), Oklahoma (Amerika), Hengelo (Belanda), Wyoming (Amerika), Hackney (London), Minnesota (Amerika) dan berbagai kota lainnya. Mereka adalah Iksan Skuter, Inheritors, Crimsondiary, Hanskestra, Begundal Lowokwaru, Antiphaty, Hellhound, Arema Voice dan lainnya.

Nah bagaimana? rekan-rekan musisi di Malang tertarik untuk mengikuti program tersebut? Hubungi portalmusikmalang.com dan yuuuuk…semangat untuk membuat album rilisan fisik, agar dunia melihat dan mendengar karyamu. Sebuah kebanggaan tentunya. (ery/c1/sip).


Bagaimana Menurutmu?

Komentari Artikel Ini

Your email address will not be published.

Berita: Malang | Indonesia | Mancanegara | Info Gear | FaMoooSsss | Info Event | Foto | Kami | Iklan | Sitemap | Kontak | Redaksi | Pedoman Penulisan Siber | Kode Etik Jurnalistik |