Animo Tinggi di Jazz Friday Menjawab Pertunjukkan Jazz Dirindukan


Jazz Friday 8 september ngalam jazz community 2017

Riyadlul Jazzy (dok; portalmusikmalang)

Portalmusikmalang.com – Penampilan empat band jazz yang mengisi dalam “Jazz Friday” besutan Ngalam Jazz Community pada Jum’at 8 September 2017 beberapa waktu lalu memukau pengunjung yang menyesaki Kafe Ria Djenaka jalan Bandung, Malang.

Penampilan Longing in Depht, Audiosick, Riyadlul Jazzy, dan Doshiko seolah menjadi oase ditengah sepinya gigs jazz di Kota Malang dalam dua tahun terakhir. Ya, hari itu menjadi gigs pertama bagi Ngalam Jazz Community setelah terbentuk pada awal bulan Agustus 2017 lalu.

Bertajuk “Jazz Friday”, hari itu pukul 7 malam, dibuka penampilan memikat DJ kondang, Baby Glow. Sosok wanita berparas manis dan berkulit putih ini sudah tak asing di kalangan pecinta musik ajeb-ajeb. Baby membawakan sejumlah lagu yang ia komposisi ulang dalam sentuhan remix.

jazz friday feat baby glow 8 september 2017

Baby Glow (dok; portalmusikmalang)

Usai penampilan Baby, inilah yang saat paling ditunggu. MC Ega Karat, memanggil nama Longing in Depht sebagai penampil pertama dalam acara itu. Band asal kampus UM yang beranggotakan 5 personil ini langsung memainkan sejumlah tembang menarik yang sarat dengan balutan jazz. Salah satunya, single klasik berjudul “Fur Elise” mereka aransemen ulang dalam komposisi jazz yang kental banget. Sudah kebayang kan? bagaimana menariknya bila lagu tersebut di jazz kan.

Tak ingin kalah dengan Longing in Depht, Audiosick ganti mengisi panggung “Jazz Friday” yang malam itu dinantikan penonton. Membuka dengan hits Sheila on 7 berjudul “Pejantan Tangguh”, Audiosick menggubah komposisi musiknya menjadi lebih groovy dan progresif. Penampilan memikat band yang di gawangi oleh Bayu dkk ini mengundang applause meriah dari penonton yang di dominasi kawula muda.

jazz friday penonton ramai sekali

Penonton mengapresiasi Jazz Friday (dok; portalmusikmalang)

Memasuki pukul 9 malam, sajian beralih menuju sharing session yang menghadirkan salah satu pemenang ajang Jazz Band Wanted 2017 asal Malang, Equinox. Dalam sesi berbagai ilmu dan pengalaman ini, Dedi dkk menceritakan pengalaman Equinox saat mengikuti ajang festival jazz tersebut di pandu MC Ega Karat. Tak itu saja, para personil Equinox seperti Dedi, Andika, Fajar, dan Berlian tak pelit berbagai ilmu terkait musik jazz itu sendiri.

Memasuki penghujung sharing session, pengunjung yang mayoritas dibuat penasaran dengan Equinox, meminta mereka untuk turut perform. Alhasil, atas desakan penonton, Equinox menggebrak dengan satu lagu. Penampilan Equinox mengundang decak kagum mayoritas penonton. Alhasil, applause meriah dan standing ovation dihadiahkan penonton kepada Equinox.

Menjelang pukul 10 malan, dua band berikutnya tampil berturut-turut. Riyadlul Jazzy, yang digawangi oleh Abing dkk, membawakan sejumlah tembang sweet jazz dengan menarik. Riyadlul Jazzy mampu menggiring penonton larut dalam suasana romantis. Lalu, dilanjut oleh Doshiko yang mengambil alih sebagai penampil pamungkas.

Malam itu formasi mereka hanya berlima saja. Salah satu vokalisnya berhalangan hadir. Namun hal ini tak mengurangi penampilan memikat para jazzer-jazzer muda itu. Sentuhan aransemen jazzy dengan balutan EDM memaksa penonton untuk angkat tangan kembali memberi applause meriah untuk penampilan Doshiko.

ngalam jazz community jazz friday 8 september 2017

Ngalam Jazz Community (dok; portalmusikmalang)

Menutup gigs, jamming bersama penonton dan beberapa personil yang dicomot dari tiap band mengakhiri malam “Jazz Friday”. Senyum mengembang tanda kepuasan membawa oleh-oleh berkesan pagi penonton yang hadir. Begitupula hal yang sama ditunjukkan oleh para band yang tampil, menjadi energi lebih yang tak ternilai.

Event pertama “Ngalam Jazz Community” pada tanggal 8 September 2017 kemarin sukses banget. Banyaknya penonton yang membuat sesak Kafe Ria Djenaka menjadi bukti bahwa animo penikmat musik jazz di Kota Malang cukup tinggi. Untuk selanjutnya, dalam waktu dekat, 29 September 2017 mendatang, Ngalam Jazz Community kembali menggelar “Jazz Friday #2″.

So, siapa nama band yang akan mengisi line up pada hari itu? tunggu saja update selanjutnya. (ery/1/sip).

Info Terkait


Bagaimana Menurutmu?

Komentari Artikel Ini

Your email address will not be published.

Berita: Malang | Indonesia | Mancanegara | Info Gear | FaMoooSsss | Info Event | Foto | Kami | Iklan | Sitemap | Kontak | Redaksi | Pedoman Penulisan Siber | Kode Etik Jurnalistik |