Behind The Scene !! Sosok Video Clip Maker Asal Malang


behind-the-scene-sosok-video-clip-maker-dari-kota-malang

Clip maker : Eko polenk @portalmusikmalang.com/J7

Portalmusikmalang.com - Jika updaters sering mengamati sebuah tayangan video klip tentang band/ musik, pasti akan terlintas di benak anda..! Video Klip ini keren banget, Video klip ini sederhana tetapi asyik buat di tonton atau bahkan muncul imajinasi, bagaimana seandainya “saya dan bandku” yang muncul di video klip tersebut?? Dan terlintas…,untuk membuat video klip dengan teman satu band.

Hari ini, jum’at malam (19/09/2014) di redaksi kami kedatangan sosok tamu yang cukup berperan besar di ranah musik kota malang, seorang video clip maker ( pembuat video klip ) dengan kualitas yang sangat keren banget. Banyak band-band di kota malang yang puas dan bangga dengan hasil tangan dinginya, EKO POLENK begitu nama panggilnya. Doi bakalan bagi-bagi tips and trick, bagaimana menjadikan sebuah video klip yang berkualitas.

Yuk…, kita simak obrolan berikut ini :

Hai polenk, sosok kamu cukup di kenal di teman-teman band di kota malang sebagai seorang video maker, apa nih yang membuat kamu menerjuni dunia pembuatan V-Klip/ Audio Visual??

Awalnya sih sebagai hobi saja, dan kebetulan memang saya suka di dunia audio visual..! iseng coba-coba bantu teman yang mengeluh karena pernah bikin V-Klip tetapi hasil kurang maksimal, disini saya mencoba untuk eksplor dengan kemampuan saya, eh …ternyata dari hasil coba-coba tadi, teman merasa puas dengan hasil karya yang saya buat.

Nah…,setelah kamu benar-benar merasa yakin dengan potensi yang kamu punya, sejak kapan nih kamu mulai pede untuk mengatakan “Kemampuan saya layak untuk di komersialkan” ??

Mulai tahun 2006, untuk pertama kalinya saya dapat project untuk membuat V-Klip band “AREMA VOICE” full satu album. Saya menganggap ini sebagai titik awal karir untuk totalitas di pembuatan V-Klip dan saya anggap sebagai tantangan terbesar untuk awal karir. Saya mencurahkan segala kemampuan saya (saat itu) secara penuh, agar hasilnya tidak mengecewakan.

Apa nih kendala yang sering kamu temui dalam proses pembuatan V-Klip??

Saya seringkali menemui kendala ketika proses syuting, gara-gara konsep yang melenceng dari skenario yang sudah ditata sedemikian rupa.

Kalau boleh tahu, bisa lebih di perjelas??

Terkadang, ada pihak-pihak di luar band yang ikut mengatur di luar konsep..!! sebenarnya sih saya cukup terbuka dengan masukan-masukan yang sifatnya membangun, bila memang itu di butuhkan dan bisa menjadi lebih baik. Akhirnya dengan hal-hal seperti itu, saya banyak belajar berkreasi secara “on the spot” untuk menyesuaikan kondisi di lokasi syuting.

Baidewe…,selama berkecimpung di dunia audio – visual.., hingga saat ini sudah berapa V-klip yang kamu buat??

“Sekitar 40 video klip sudah pernah saya buat, di antaranya Chrome Band, Kitta Band, Adit & Nia AFI, D”Kross Band, Majoret, Betterman, Bangkai, dan lainya”, ujar pria bernama lengkap Eko Hari Suwito.

Dari video klip yang anda buat, kami menilai layak untuk di andalkan dan bahkan di sejajarkan dengan Video Maker kota-kota besar seperti Jakarta. Seharusnya anda berani untuk ekspansi ke jakarta dong??

“Sebenarnya banyak yang menawari dan mengajak saya untuk berkarir di jakarta, bukanya saya menolak…!! saat ini yang ada di benak dan impian saya adalah, mendedikasikan kemampuan saya untuk kota yang saya cinta ini, MALANG..!! Karena saya menilai, di malang banyak sekali lokasi-lokasi yang amazing banget untuk di jadikan setting pembuatan video klip”, ujar pria jebolan arsitek UNMER.

Apa nih saran dan tips dari kamu, agar bisa menghasilkan video klip yang berkualitas, baik secara setting lokasi ataupun dari band sendiri???

Kaau dari lokasi sih…,banyak tempat-tempat yang sudah sangat layak..banget. Sedangkan kalau dari band, musti di perhatikan masalah perfomance, mencangkup make up, kostum, menjaga kebugaran (pra-syuting), dan yang lebih penting belajar untuk mendalami “aura” dari lagu agar tercipta ekspresi yang maksimal.

Ngomong-ngomong siapa sih sosok/ figur yang menginspirasi di dalam karya-karyamu??

Kalau di indonesia, saya mengagumi sosok Dimas Djayadiningrat, sedangkan yang di luar negeri saya suka banget karya-karya Bruno Aveillan dan Salomon Ligthelm.

Untuk contoh video klip garapan Eko Polenk bisa anada simak dibawah ini, Great…!! Sukses poleng..semoga karya-karyamu semakin berkibar dan di kenal masyarakat luas. <Er/y>


Bagaimana Menurutmu?

Komentari Artikel Ini

Your email address will not be published.

Berita: MALANG | Indonesia | Mancanegara | INFO GEAR | FaMoooSsss | Info Event | Foto | Kami | IKLAN | Sitemap | Kontak | REDAKSI | Pedoman Penulisan Siber | Kode Etik Jurnalistik |