Bersama Malang Creative Fusion, Muhammad Faizal Angkat Produk Lokal di ICCC Makassar 2017


muhammad faizal iccc 2017 by portalmusikmalang 5

Muhammad Faizal (kanan), bersama tim MCF (dok)

Portalmusikmalang.com – Keinginannya untuk mengenalkan produk asli Malang sangat menggebu dalam sosok Muhammad Faizal. Pria yang akrab dipanggil Faizal ini memiliki motivasi lebih agar produk alat musik buatan Malang bisa dikenal luas di kancah musik nasional. Menggunakan bendera Antz Music, beberapa merk lokal yang ia angkat diantaranya adalah Darieos Carved Guitar dan Three Al Amplifier.

Kesempatan itu terbuka lebar saat koordinator MCF (Malang Creative Fusion) Vicky Arief menawarkan kepada Faizal untuk mengikuti pameran di ajang ICCC (Indonesia Creative Cities Conference) III yang berlangsung beberapa waktu lalu di Kota Makassar 6 September hingga 10 September 2017.

Sebagaimana diketahui, MCF adalah Wadah kolaborasi bagi para pelaku industri kreatif di Kota Malang serta berbagai komunitas yang membawahi 16 sektor industri kreatif. Keberangkatan tim MCF ke Makassar kali ini difasilitasi oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Malang.

muhammad faizal iccc 2017 by portalmusikmalang 3

Tim Malang Creative Fusion (dok)

Misi pun dimulai. Dengan membawa sejumlah alat musik berikut perangkat lainnya jika di total beratnya hampir mencapai 60Kg, dari Malang pukul 2 siang hari Selasa (5/9) Faizal berangkat menuju Bandara Juanda Surabaya bersama salah satu Dosen UIN Maliki Malang, Andi Baso Mappaturi, MT. Setiba di bandara tersebut, perjalanan mereka berdua tak langsung mulus begitu saja. Keberangkatan menuju Makassar molor cukup lama dikarenakan jam terbang pesawat delay. Hingga akhirnya setelah menunggu cukup lama, pukul 9 malam merekapun terbang menuju Makassar.

Perjalanan Surabaya-Makassar lewat jalur udara memakan waktu tak lebih dari dua jam. Setiba di Bandar Udara Sultan Hasanuddin Makassar kurang lebih pukul 11 malam, Faizal bersama Andi Baso Mappaturi segera menuju lokasi perhelatan ICCC III – 2017. Disana mereka disambut oleh tim MCF yang sudah tiba terlebih dulu satu hari sebelummnya, yaitu Dadik Utero dan Ardiyansah. Tak ingin membuang waktu, merekapun langsung tancap gas mempersiapkan semuanya, mulai dari loading alat, desain booth, dll.

Tak terasa waktupun merangkak hingga pukul 6 pagi untuk menyelesaikan semua pekerjaan itu. Setelahnya, mereka memutuskan istirahat sejenak di Hotel Gammara sebelum membuka booth kembali dua jam kemudian.

muhammad faizal iccc 2017 by portalmusikmalang 4

Booth Malang Creative Fusion (dok)

Tanggal 6 September 2017 pukul 9 pagi, ajang pameran kreatif ICCC yang ke 3 ini pun dibuka. MCF (Malang Creative Fusion) hari itu membawa 16 profil dari 16 sektor industri kreatif, salah satu yang terlibat langsung adalah sektor musik melalui Muhammad Faizal.

Peserta pelaku kreatif di ICCC ke III ini tak hanya dari Kota Malang saja, namun ada beberapa kota lainnya seperti Bandung, Solo, Kendari, dan Surabaya. Bahkan juga ada 10 negara yang turut berpartisipasi, diantaranya dari Jepang, Brazil, Irlandia, Amerika dan Perancis.

Antusias pengunjung di ajang pameran ini cukup besar. Ribuan orang datang untuk menyaksikan ajang pameran industri kreatif tanah air ini. Mengutip dari Muhammad Faizal kepada redaksi portalmusikmalang.com terkait ajang tersebut, “Pameran ini luar biasa. Booth MCF terbilang cukup fenomenal di kalangan peserta pameran kreatif lainnya. Desainnya sangat menarik perhatian. Dindingnya di desain dengan layout yang mewakili 16 sektor.” ujar Faizal menjelaskan.

Terkait sektor musik sendiri, Faizal tak memungkiri, produk alat musik yang ia pamerkan menjadi salah satu magnet. Pengunjung banyak merespon positif produk asli Malang itu. Seperti perwakilan dari Irlandia yang turut mengagumi gitar ukir buatan Darioes Guitar tersebut. Tak itu saja, Kepala BEKRAF (Badan Ekonomi Kreatif) Triawan Munaf juga menyempatkan mampir ke booth MCF untuk menjajal gitar Darieos. Salah satu perwailan dari Bekraf juga memberikan usulan demikian, “ini seharusnya bisa ikut pameran alat musik di Texas, Amerika. Ini kalau bisa segera di follow up ke MCF agar segera terealisasi ikut pameran ke luar negara.” ujarnya kepada Faizal.

muhammad faizal iccc 2017 by portalmusikmalang 2

Muhammad Faizal dan Kepala BEKRAF, Triawan Munaf (dok)

Tak jarang pengunjung bertanya mengenai gitar tersebut kepada Faizal. Beberapa pertanyaan yang kerap ia terima adalah butuh waktu berapa lama untuk membuat satu gitar. Bahan dari kayu apa yang digunakan. Bahkan, beberapa juga seolah tak percaya bila gitar tersebut buatan Malang.

“Apakah ini benar-benar asli dari Malang? ujar beberapa pengunjung seperti yang disampaikan Faizal lewat Erwin dari portalmusikmalang.com

Di kesempatan lain, produk asli Malang lainnya berupa ampli gitar merk Three Al juga menarik perhatian salah satu pejabat Pemkot Makassar, Bapak Edwin. Bahkan beliau sempat membeli 1 unit produk tersebut.

muhammad faizal iccc 2017 by portalmusikmalang 1

Muhammad Faizal & Delegasi Irlandia (dok)

Ajang pameran kreatif ICCC III – 2017 tak hanya menarik perhatian masyarakat Makassar dan sekitarnya saja, sejumlah pejabat dari Kota Malang pun turut hadir ke Makassar untuk menyaksikan ajang tersebut, diantaranya Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Tri Widyani P, Kepala Disbubdpar Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni, Kepala Dinas Perdagangan Wahyu Setianto, serta dari dinas Kominfo, dan Perindustrian. (ery/c1/sip).

Info Terkait


Bagaimana Menurutmu?

Komentari Artikel Ini

Your email address will not be published.

Berita: Malang | Indonesia | Mancanegara | Info Gear | FaMoooSsss | Info Event | Foto | Kami | Iklan | Sitemap | Kontak | Redaksi | Pedoman Penulisan Siber | Kode Etik Jurnalistik |