Bumi Tidak Butuh Manusia, Manusia Butuh Bumi, Switch Off Earth Hour Malang 2016


Wake Up, Iris ! Switch Off Earth Hour 2016 oleh Kornelius Renata

Wake Up, Iris ! Switch Off Earth Hour 2016 (Foto: Kornelius Renata)

Portalmusikmalang.com – Aksi pemadaman lampu selama satu jam yang di prakarsai oleh gerakan Earth Hour di seluruh dunia pada tahun 2016 dilaksanakan pada tanggal 19 Maret pukul 20.30-21.30 serentak sesuai zona waktu masing-masing negara. Tidak ketinggalan, Earth Hour Malang juga melakukan aksi pemadaman di Balai Kota Malang. Sejumlah lanskap seperti lampu Balai Kota Malang dan lampu-lampu di seputaran Taman Tugu Balaikota juga ikut dipadamkan.

Lampu LED dikayuh sepeda-Oleh Tim Earth Hour Malang 2016

Lampu LED dikayuh sepeda-Oleh Tim Earth Hour Malang 2016

Earth Hour Malang menggelar sejumlah kegiatan yaitu Green Fair oleh SMA 10, pengenalan hidroponik dan biopori, menyalakan lampu LED dengan mengkayuh sepeda pada saat switch off, pengenalan Duta Earth Hour 2016 dan musik serta tari. “Hal ini kami lakukan karena kami tidak ingin hanya terpusat pada waktu pemadaman lampu saja, tetapi juga menjadikan gaya hidup hijau sebagai gaya hidup keseharian” ujar salah satu aktivis yang terlibat dalam kegiatan Earth Hour Malang.

Duta Earth Hour 2016 oleh Kornelius Renata

Duta Earth Hour 2016 (Foto: Kornelius Renata)

Tahun ini merupakan tahun yang menarik bagi Earth Hour Malang karena tahun ini ditandai sebagai tahun ke lima aksi Earth Hour Malang dan baru tahun ini pula Earth Hour Malang memiliki duta dengan berbagai macam latar belakang sebagai ujung tombak komunikasi pergerakan hijau ini. Selain berlatar belakang beauty pageant kali ini Earth Hour Malang memiliki duta berlatar belakang seni yaitu Jongkie dan Wake Up, Iris! serta seorang dokter yaitu dr. Gamal Albinsaid.

Selain aksi pemadaman lampu ini, Earth Hour Malang telah beberapa kali melakukan acara road to switch off 2016 sebelumnya yaitu 13 Februari, kampanye #BeliYangBaik dengan menghadirkan Wake Up Iris! untuk talkshow dan jamming. Earth Hour Malang juga mengadakan kampanye ke sekolah sekolah bersama Duta-duta lainnya yaitu Putri Lingkungan Kota Malang 2016 Sifa Herdini, Miss Grand Internasional Indonesia 2016 Yolanda Remetwa, Duta Wisata Indonesia Saza Azizah Anindyo, dan 2nd Runner Up Hilo Green Ambassador 2014 Hendita Khairina. Pada tanggal 13 Maret Earth Hour Malang juga mengadakan razia kantung plastik dan melelang karya pelukis Indonesia, Luqman Reza Jongkie di pusat perbelanjaan Malang Town Square Kota Malang. Sekitar hampir seribu kantung plastik terkumpulkan. Kantung plastik yang dibawa oleh pengunjung ditukar dengan tas kain yang lebih ramah lingkungan. Satu hari sebelum switch off diadakan pula press conference di Skyroom Best Western OJ Hotel.

Wake Up, Iris! -SwitchOff EH 2016 oleh Kornelius Renata

Wake Up, Iris! -SwitchOff EH 2016 (Foto: Kornelius Renata)

Aksi pemadaman lampu di Balai Kota Malang ini adalah aksi puncak keseluruhan pergerakan Earth Hour Malang 2016 .Dibuka dengan tarian tradisional, musik unik dari Ocarinesia, Acapella Voix, Fire Dance dari STK Asri UM, penampilan dari Wake Up, Iris! dan ditutup dengan Flash Mob oleh seluruh hadirin. Di dalam rangkaian lagu yang ditampilkan Wake Up, Iris! mereka berpesan bahwa sebenarnya bukan bumi yang harus diselamatkan karena bumi tidak membutuhkan manusia melainkan manusia yang membutuhkan bumi untuk hidup. Wake Up, Iris ! adalah Band Indie yang didapuk sebagai Duta Earth Hour 2016 karena gaya panggung mereka yang unik dan selalu mengajukan permintaan tanaman kecil di setiap acara yang mengundang mereka. Di aksi panggung kali ini mereka juga berpesan bahwa segala sesuatu yang dilakukan oleh pergerakan ini tidak lain tidak bukan adalah untuk masa depan generasi manusia. Wake Up, Iris! sendiri bersedia menjadi Duta Earth Hour Malang 2016 karena sejalan dengan apa yang telah mereka lakukan dalam keseharian mereka, dan tidak hanya aksi sejam sekali dalam setahun tetapi mengajak masyarakat untuk menjadikan hemat energi dan bijak dalam berkonsumsi sebagai gaya hidup sehari hari. (!#)

Info Terkait


Bagaimana Menurutmu?

Komentari Artikel Ini

Your email address will not be published.

Berita: Malang | Indonesia | Mancanegara | Info Gear | FaMoooSsss | Info Event | Foto | Kami | Iklan | Sitemap | Kontak | Redaksi | Pedoman Penulisan Siber | Kode Etik Jurnalistik |