Diperuntukan Untuk Perempuan, Nissan Fortz rilis single “It’s Ok”


Nissan Fortz april 2017

Nissan Fortz (doc)

Single ke dua ini, masih diambil dari album perdana bertajuk “Day By Day”.

Portalmusikmalang.com – Setelah menuai respon positif dari berbagai kalangan lewat single “Sore Sebelum Hujan”, Nissan Fortz, solois yang dikenal karena kemahirannya memainkan gitar akustik dengan sentuhan timbre suara khasnya yang berat, kembali dengan single terbaru. Masih diambil dari album perdananya “Day By Day” yang telah dirilis pertengahan tahun lalu. Kali ini solois asal Bandung tersebut memperkenalkan lagu berjudul “It’s Ok” sebagai single ke dua.

Menurut Nissan Fortz, lagu “It’s Ok” sendiri adalah lagu tentang dan diperuntukan untuk perempuan. Sebagaimana fitrahnya, perempuan disini diterjemahkan sebagai makhluk yang luar biasa. Dengan kata lain, perempuan adalah sumber kekuatan seorang laki-laki, hal ini jua merupakan pengalaman yang dialami langsung dan melekat dikehidupan sang empunya lagu.

“Segala kemampuan yang dimiliki oleh seorang perempuan itu, sangat luar biasa, dengan fitrahnya bahwa seorang perempuan itu harus berada di ‘belakang’ laki-laki. Dalam pengertian, perempuan itu adalah sumber kekuatan sekaligus kelemahan laki-laki, karena satu hal ‘laki – laki dititipkan selama 9 bulan di perut seorang perempuan’ tetapi seorang perempuan (selalu) tetap bersabar dan menikmati akan prosesnya sampai sebelum bayi itu lahir sebagai seorang manusia utuh,” ujarnya lewat siaran pers yang diterbitkan lewat portalmusikmalang.com

Hal ini kemudian dinilai Nissan Fortz sangat mendasari bahwa perempuan itu lebih pantang untuk bilang tidak, dan kemudian ia kemas menjadi lagu balada berdurasi kurang lebih 4 menit. “Apa yang ditegaskan di dalam lagu ini adalah ‘ketika sosok seorang perempuan dihadapkan kepada permasalahan hidup seperti keluarga, pasangan dan karirnya’. Dengan segala kemampuannya, mereka tetap survive untuk menjalani semuanya.Kesedihan itu selalu terjadi, tapi kebahagiaan itu pasti mereka dapatkan,” tambah Nissan Fortz.

Cover Album - Nissan Fortz - Day By DaySelain itu, Nissan Fortz lewat lagu yang dibuatnya pada 2015 lalu ini mencoba memotret mirisnya sikap manusia terutama laki-laki kebanyakan yang kini memperlakukan perempuan dengan hal-hal yang tidak manusiawi dan semena-semena. “Semakin banyaknya pelecehan seksual (akhir-akhir ini) dan kekerasan itu terjadi, perempuan seakan terancam di dunia ini untuk hidup dan menikmatiserta meneruskan hidupnya. Oleh karenanya saya terdorong untuk merilis lagu ini (khusus) untuk mereka (perempuan). Semoga dapat menginspirasi,” tegasnya.

Lagu “It’s Ok” sendiri sudah bisa didengar terhitung Rabu, 12 April 2017 melalui kanal YouTube resmi milik Nissan Fortz (Nissan Fortz Music) melalui format Video Lirik. Diluar itu, lagu “It’s Ok” juga dapat diunduh dipelbagai kanal digital musik seperti iTunes, Deezer, Spotify dan lain-lain. Lagu ini, sekaligus juga menjadi penanda bahwa album “Day By Day” secara utuh telah tersedia dalam format digital sebelumnya hanya tersedia dalam format fisik dan dicetak terbatas.

*** Profile

Nissan Fortz lahir di Bandung pada 1 Mei 1983, Ia merupakan Gitaris sekaligus penyanyi yang sudah cukup malang melintang di dunia music independent Indonesia khususnya Bandung yang kini akan memulai karir barunya sebagai Solois.

Mengawali karier musiknya di akhir tahun 90-an dengan berbekal basic music Klasik, Nissan Fortz mulai memperluas wawasan musiknya sambil menjalankan karirnya sebagai musisi dengan ikut berkecimpung di komunitas-komunitas musik Kota Bandung seperti komunitas Jazz, Country dan Blues.

Sekitar tahun 2007, Ia sempat membuat Project musik akustik dengan nama ‘Trias Akustika’ dan sempat mengeluarkan beberapa singlehingga akhirnya dibubarkan pada tahun 2014, di Tahun 2009 Nissan Fortz juga sempat membentuk sebuah band blues bersama tokoh musik kenamaan, Hari Pochang dengan nama ‘Blues Libre’, bersama band Blues yang cukup berpengaruh ini, Ia sempat menelurkan sebuah album dengan title ‘The Journey’ ( 2013.red).

Malang melintang di scene blues Indonesia dan internasional, pun sempat dilakoninya bersama “Blues Libre”, ia pernah mengadakan beberapa konser tunggal, Nissan Fortz dan Blues Libre juga sempat berpartisipasi di Manila Internasional Jazz Festival di akhir tahun 2013. Tidak berhenti sampai disitu, karir musiknya terus bergerak, pada tahun 2010 Nissan Fortz pun membentuk Duo Jazz Blues dengan sentuhan Pop bernama ‘Sarah ‘N Soul’.

Dalam sepak terjangnya, sejauh ini Nissan Fortz sempat berkolaborasi dengan pemain harmonica dunia sekaligus pemain harmonica ‘Sting’, yaitu Brendan Power di tahun 2011, juga di tahun 2015 sempat menggarap sebuah projek dengan beberapa Gitaris kenamaan Indonesia seperti Donny Suhendra, Aria Baron (Soulmate), Baim The Dance Company, Gugun dari GBS, Ginda Bestari, Adrian Adioetomo dll dengan Projeknya “ Blues is Alright”.

Nissan Fortz sempat pula bermain sebagai Gitaris tamu bagi Penyanyi pendatang baru Indonesia, Yura Yunita.Diluar itu, Nissan Fortz juga dikenal sebagai produser, composer dan pencipta lagu handal, banyak artis-artis nasional yang pernah ia tangani. Kini, Nissan Fortz sedang dalam proses pembuatan album ke dua untuk karir solonya, selain tentunya membagi waktu dengan kesibukannya di Sarah ‘N Soul. (pr).


Bagaimana Menurutmu?

Komentari Artikel Ini

Your email address will not be published.

Berita: Malang | Indonesia | Mancanegara | Info Gear | FaMoooSsss | Info Event | Foto | Kami | Iklan | Sitemap | Kontak | Redaksi | Pedoman Penulisan Siber | Kode Etik Jurnalistik |