Equinox; Dari Jazz Band Wanted Kini Menjadi Idola Baru


Equinox band jazz malang September 2017

Equinox (sumber; instagram/equinox_jazzwanted)

Portalmusikmalang.com – Nama band Equinox akhir-akhir ini kerap santer terdengar di percaturan musik Malang dan sekitarnya, khususnya dikalangan pecinta musik jazz. Nama mereka kerap menghiasi pamflet-pamlfet ataupun spanduk pertunjukkan dari genre musik yang di anggap rumit itu.

Berawal dari ajang festival musik jazz yang bertajuk Jazz Band Wanted 2017 inilah nama mereka mulai dikenal. Kemudian berlanjut hingga masuk babak final dan meraih predikat juara dua tingkat nasional yang kemudian mengantarkan mereka tampil dalam sebuah perhelatan musik jazz berbobot, Jazz Traffic 2017  di Surabaya beberapa waktu lalu. Saat itu, Equinox membawakan sebuah single hits bertajuk “Dansa Yo Dansa” yang mereka kemas ulang dengan kreatif dalam balutan musik jazz.

Pujian pun mengalir saat mereka tampil di ajang Jazz Band Wanted lalu. Salah satu juri mengapresiasi penampilan Equinox. “peserta dari Malang merupakan competitor yang paling sulit dan paling ketat.” ujar juri memuji.

Melalui jurnalis portalmusimalang.com, Hasan, saat dijumpai Sabtu 9/10/2017, Equinox menyampaikan banyak hal. Salah satunya adalah, mereka sangat terkesan dengan ajang tersebut. Bisa berkumpul dan melakukan hobi bermusik mereka bersama-sama lagi, dan dirasa dengan mengikuti ajang itu banyak sekali ilmu yang mereka peroleh, khususnya tentang jazz.

“ini bener-bener merubah jalan musik gua”. tutur Fajar (bassis) saat menyampaikan kesan yang ia rasakan terkait ajang tersebut.

equinox band foto by hasan portalmusikmalang 2017

Equinox (dok; hasan)

Tak itu saja, keikutsertaan Equinox di ajang MLD Jazz Band Wanted 2017 kala itu juga mendapat dukungan dari warga Kota Malang, khususnya rekan-rekan di kalangan musisi. Hal inilah yang menjadikan semacam asupan lebih sebagai energi bagi mereka.

Saat disinggung mengenai munculnya komunitas jazz “Ngalam Jazz Community” Equinox sangat mengapresiasi. “ini adalah impian dari para personil Equinox. Kami sangat senang dengan euphoria warga Malang yang sangat tinggi terhadap musik jazz.” ujar mereka.

*****

Equinox merupakan band projek dari 4 sekawan yang digawangi Berlian pada vokal, Fajar pada bass, Andika pada keyboard, dan Dedi pada drum. Berawal dari keisengan untuk mengikuti ajang Jazz Band Wanted 2017 mereka mulai terbentuk. Sang pelopor dari terbentuknya Equinox sendiri tak lain adalah sang drummer Dedi yang mengetahui duluan tentang ajang itu. Tak semua dari personil Equinox kerap memainkan musik jazz. Namun, nampaknya ajang itu menjadi tantangan tersendiri bagi mereka. Dari sinilah akhirnya mereka sepakat untuk mengulik lebih jauh perihal musik jazz.

Bermula di Jakarta tahun 2000an. Nama Equinox lahir atas usulan sang drummer, Dedi. Diambil dari judul lagu yang di populerkan oleh band jazz asal luar negeri. Selain itu, pelafalan Equinox identik dengan jazz, maka disepakatilah oleh personil kala itu. Ya, saat itu personil Equinox bukanlah seperti yang tertulis di atas. Mereka kerap berganti personil. Diantaranya yang pernah mengisi line up adalah Mikail (gitaris) yang juga terlibat dalam MLD Jazz Project season 1, dan Boy (bass).

Logo band Equinox dengan penegasan huruf Q kapital memiliki maksud Quartet yang berarti empat, sesuai dengan jumlah personil mereka saat ini. Ide logo tersebut muncul karena ketidaksengajaan Andika saat mengolah ide untuk merumuskan logo.

Equinox sendiri berharap untuk band ini kedepannya masih bisa terus menginspirasi para generasi selanjutnya agar terus semangat dalam bermusik. Kini mereka juga sedang mempersiapkan karya-karyanya agar dinikmati pecinta musik tanah air, dan Malang pada khususnya.

Diakhir obrolan, Equinox berpesan kepada rekan-rekan musisi. “jangan pernah untuk sungkan untuk memperlihatkan karyamu, tetap gali terus ilmu bermusik kalian dimana saja. Keluarlah dari zona nyaman, dan jadikanlah Kota Malang sebagai Kota Wisata Musik. Kita semua percaya kalau kalian semua pasti bisa”. tutur para personil Equinox. (hasan/c6/pmm).

Info Terkait


Bagaimana Menurutmu?

Komentari Artikel Ini

Your email address will not be published.

Berita: Malang | Indonesia | Mancanegara | Info Gear | FaMoooSsss | Info Event | Foto | Kami | Iklan | Sitemap | Kontak | Redaksi | Pedoman Penulisan Siber | Kode Etik Jurnalistik |