Gitar Jazz; Model Seperti Apa Yang Dibutuhkan Untuk Bermain Jazz?


Portalmusikmalang.com – Pertanyaan diatas kadang kerap dilontarkan gitaris jazz khususnya gitaris jazz pemula, terutama yang sedang mencari gitar yang paling cocok untuk kebutuhannya, baik dari segi tone ataupun playability.

Ketika anda ingin membeli gitar ke toko alat musik dan sebelum memutuskan untuk membeli gitar, tentunya lebih afdol mencari referensi terlebih dulu. Bisa tanya melalui teman yang sudah berpengalaman atau googling lewat internet sebelum memutuskan.

Sebagaimana kita ketahui, gitar terdiri dari ribuan merk yang beredar di pasaran dengan model dan harga yang bervariasi. Namun, ada beberapa model umum yang menjadi patokan. Dalam artikel berikut akan menjelaskan beberapa model gitar yang kerap digunakan oleh gitaris jazz.

Pertanyaan umum, gitar apa yang terlihat jazz dan sesuai style saya? ada tiga opsi.

Solid Body
Gitar model solid body umumnya memang kerap digunakan oleh gitaris rock, country, atau blues. Meskipun demikian, jangan salah, banyak lho gitaris jazz yang menggunakan gitar solid body. Contoh, John Abercrombie menggunakan Ibanez Artist dan Gibson SG, John McLaughlin juga menggunakan beberapa jenis Gibson solid boidy, Mike Stern yang selalu setia dengan Fender Telecasternya atau Yamaha versi tele.

Fender telecaster

Fender Telecaster (vintageandrare.com)

Gitar solid body dikenal memiliki tone yang konsisten. Output volume yang tinggi, dan aman dari “gangguan” feedback jika dibandingkan 2 model gitar di bawah.

Catatan; Gitar model solid body memiliki ciri khusus tidak berongga pada bodynya. Maka itu disebut solid body. Dari segi ketebalan, lebih tipis dibanding 2 jenis dibawah.

Semi-Hollow Body
Nah gitar model ini mungkin bisa dikatakan “anda sudah nampak ngejazz”. Ukurannya lebih besar dari gitar model solid body. Namun lebih kecil dari gitar model arch-top (ulasan selanjutnya).

“Kelemahan” dari gitar Semi-Hollow Body adalah feedbacknya yang cukup terasa di banding solid body. Tapi jangan keburu underestimate dulu. Gitar Semi-Hollow Body mampu menghasilkan tone jazz yang warm, dan banyak yang merasa cocok dengan gitar model ini saat bermain di genre musik tersebut.

Gibson ES 330

Gibson ES 330 (pinterest).

Beberapa gitaris jazz yang menggunakannya seperti Emily Remler dengan Gibson ES-330, Larry Carlton dengan Gibson ES-335, dan Ben Monder Ibanez Artist.

Catatan; Gitar model semi hollow-body memiliki ciri khusus terdapat rongga (chamber) pada body. Umumnya terdapat  2 F Hole pada bagian top body. Lebih tebal dibanding Solid body.

Archtop Guitar
Saat anda melihat gitar model ini (archtop), esensinya sudah pasti jazz. Ya, dari sisi historis memang banyak gitaris jazz legendaris yang sudah terlegitimasi menggunakan Archtop Guitar. Seperti Wes Montgomery yang populer dengan Gibson L-5nya, Joe Pass dengan Gibson 175, Johnny Smith (Gibson Johnny Smith Model), Russell Malone, Buscarino, Mark Elf, Benedetto, Craig Wagner, dan lainnya.

Gibson ES 175

Gibson ES 175 (martin music).

Dari segi harga, diakui gitar ini memang nggak affordable. Harganya menguras kantong terutama bila anda tertantang membeli brand yang sudah kesohor macam Gibson atau Gretsch. Ukuran body juga sedikit lebih besar ketimbang Semi-Hollow Body.

Catatan; Gitar Archtop memiliki ciri seperti halnya pada gitar Semi Hollow Body, yaitu berongga dan 2 F Hole. Namun ada ciri yang lebih spesifik dibanding semi hollow body, pada saddle bridge umumnya menggunakan papan kayu sebagai pemangku. Lebih tebal dibanding semi hollow body.

Nah bagaimana, tiga review diatas setidaknya bisa membantu anda untuk memutuskan memilih dan membeli gitar yang dibutuhkan. (ery/c1/sip).

Info Terkait


Bagaimana Menurutmu?

comments

Komentari Artikel Ini

Your email address will not be published.

Berita: Malang | Indonesia | Mancanegara | Info Gear | FaMoooSsss | Info Event | Foto | Kami | Iklan | Sitemap | Kontak | Redaksi | Pedoman Penulisan Siber | Kode Etik Jurnalistik |