Gitar Ukir Buatan Malang Go Internasional


gitar-ukir-buatan-malang-go-internasional

Darieos Java ind “Heaven’s Garden.

Portalmusikmalang.com – Alat musik gitar dalam satu dekade ini menunjukan perkembangan yang semakin meningkat pesat, terbukti makin banyak bermunculan merk-merk baru dengan berbagai macam varian, baik prodak dalam negeri maupun luar negeri.

Yang menjadi luar biasa adalah, ketika prodak dalam negeri sendiri saat ini mampu menembus market luar negara. Seperti Artrock, Hardee, Rick Hanes, dan Radix. Tentu hal ini menjadi kabar yang menggembirakan dan suatu kebanggaan untuk kemajuan industri alat musik tanah air ditengah pasar global untuk bersaing dengan merk-merk luar negeri.

Dari Malang, Jawa Timur, tepatnya di Kecamatan Kepanjen, produk asli Malang ini makin menancapkan kukunya di peta industri dan perdagangan alat musik tanah air, adalah Darieos GuitarsGitar ini dibuat oleh seorang pengerajin gitar (luthier) asal daerah tersebut, Dariatmo, atau akrab dengan sapaan sam Ndari. Sebenarnya bukanlah nama asing dikalangan musisi Kota Malang. Kiprahnya dalam dunia alat musik petik ini dimulai sejak tahun 1990-an. Ketekunanannya dalam ber-inovasi patut di acungi jempol. Dari segi kualitas bila kita berbicara mengenai konstruksi, routing, finishing, wiring, dan sebagainya, sudah tak perlu diragukan lagi.

Darieos Java Guitar

Darieos Java Guitar

Belum lama ini, Darieos mengeluarkan sebuah varian baru dalam inovasinya, yaitu Darieos Java Guitar. Yang membedakan dengan varian lainnya adalah inisial JAVA yang diartikan dalam bahasa Indonesia adalah Jawa. Khusus seri ini dibuat dalam unit terbatas (limited edition). Secara fisik Darieos Java lebih menekankan sisi estetika seni sebuah gitar. Dengan motif ukiran seperti kisah Mahabarata, dan motif ukir lainnya yang dibuat dengan teknik tinggi. Tiap satu model dibuat hanya satu unit saja dengan nomor seri yang berbeda pula. Keindahan seni pahat yang terukir di atas gitar tersebut luar biasa, seperti yang terlihat pada foto diatas. Pembuatan yang detail, presisi, dan finishing yang menarik makin menambah nilai estetikanya. Darieos Java Guitar bukanlah gitar yang dibuat tanpa konsep. Gitar ini bak komik yang terukir, memiliki alur cerita yang jelas. Seolah menggiring fikiran kita dalam dimensi lain.

Lantas bagaimana mengenai pemasarannya? Darieos Java Guitar tak hanya dipasarkan di dalam negeri saja. Dari sebuah situs online luar negeri ternama yang berhasil kami lacak, gitar ini sudah terpampang dengan gagahnya. Harga yang tercantum pun tak bisa dianggap murah, dibandrol seharga $4300. Bila di kurs-kan dalam Rupiah hampir senilai 50 juta. Kamipun penasaran, lantas coba mengorek informasi lebih lanjut kepada seller bersangkutan melalui surat elektronik. Dari informasi yang kami dapatkan, Darieos Java Guitar di apresiasi baik di pasar Internasional. Interaksi buyer-seller cukup intens mengenai produk tersebut. Bahkan sudah terjual beberapa unit.

Tak cukup disitu saja, sebuah fanpage pabrikan pickup gitar kesohor di dunia, Seymour Duncan, bahkan pernah mengulas singkat tentang gitar ini. Alhasil, ratusan ribu komentar dari berbagai penjuru kota di dunia pun berdatangan. Mereka takjub, dan terkesima dengan nilai seni yang terpampang pada gitar itu.

Kabar ini adalah kebanggan bagi Indonesia umumnya dan masyarakat Malang pada khususnya. Bahwa pengrajin gitar brand lokalpun tak kalah dengan merk-merk kondang macam Fender, Ibanez, dan Gibson. Tentunya peran pemerintah juga sangat diperlukan untuk kemajuan dan memajukan industri alat musik nusantar. Seperti mempermudah pengurusan HAKI  agar terdaftar sebagai merk dagang yang paten, dan akses birokrasi yang tidak njlimet. (ery/c1/sip)

Info Terkait


Bagaimana Menurutmu?

Komentari Artikel Ini

Your email address will not be published.

Berita: Malang | Indonesia | Mancanegara | Info Gear | FaMoooSsss | Info Event | Foto | Kami | Iklan | Sitemap | Kontak | Redaksi | Pedoman Penulisan Siber | Kode Etik Jurnalistik |