Harta Karun Miliaran Dollar Di Museum Gitar Swedia, Fantastico!


Koleksi museum gitar swedia gibson lespaul 1958

Gibson Les Paul 1958 (Foto: guitarsthemuseum)

Portalmusikmalang.com – Sudah bukan rahasia umum lagi dikalangan para gitaris mengunjungi toko alat musik yang di jubeli banyak gitar dan aksesorisnya adalah hal yang sangat menyenangkan. Apalagi jika anda (gitaris) mendapati pajangan gitar yang termasuk dalam kategori whorted atau langka, sesuatu banget. Itu baru mengunjungi toko alat musik lho, lain ceritanya jika anda memasuki Museumnya Gitar, pastinya bakal hmmm.. geleng-gelang kepala penuh kekaguman tentunya.

Sebuah museum gitar yang terletak di Swedia dan dibuka mulai Februari 2015 lalu menjadi topik menarik bahasan FaMoosSss kali ini. Menyimpan ratusan koleksi, kabarnya hingga 300 lebih dari berbagai macam merk gitar ada di museum yang terletak di kota Umeå, Swedia Utara tersebut. Dikutip dari situs resminya, ternyata tidak hanya menyimpan gitar saja, namun juga terdapat koleksi bass dan amplifier.

Saat kami (portalmusikmalang.com) menelusuri situs tersebut, hanya ungkapan decak kagum yang kami lontarkan, meskipun tak mengunjungungi museum tersebut secara langsung, dengan memandanginya sudah cukup puas, hehehe. Berikut ini adalah beberapa koleksi dari museum tersebut yang kami anggap superfantastis.

fender broadcaster 1950 di museum gitar swedia

Fender Broadcaster 1950 (Foto: guitarsthemuseum)

Sebuah gitar Fender Broadcaster keluaran tahun 1950, adalah salah satu koleksi tergila dari museum tersebut. Seperti diketahui, Broadcaster adalah seri kali pertama Fender merilis produk gitar yang akhirnya menjadi cikal bakalnya Nocaster dan Telecaster kemudian, selain produk legendaris yang sudah tentu anda ketahui, Stratocaster yang di produksi 4 tahun kemudian (1954). Sejak pertama kali dipasarkan, Fender Broadcaster hanya di produksi sejumlah 200 unit di seluruh dunia. Kebayang bukan, pasti sangat langka sekali dipasaran bagi para pemburu gitar yang penuh historis tersebut.

Selain itu, ada hal ‘gila’ lainnya yang terdapat di museum tersebut. Yakni Gitar Gibson Lespaul Sunburst keluaran tahun 1958-1960. Gitar yang didesain oleh Ted McCarty bersama gitaris bernama Les Paul pada tahun 1952 tersebut ditaksir seharga $350,000 atau bila di Rupiahkan dengan Kurs sekarang Rp 13.075 (11/03/2016) adalah Rp 4,5 miliar lebih. Waoow.., deretan angka mengerikan seharga supercar Ferrari California keluaran 2013. Super Fantastis tentunya.!!

Selain Gitar Fender dan Gibson, di Museum tersebut juga terdapat merk-merk terkenal lainnya yang berasal dari tahun lawas seperti Danelectro dan Gretsch. Keberadaan Museum yang tentunya mempunyai aset miliaran dollar tersebut menyita perhatian publik musik dunia terutama di kalangan para gitaris.

dua bersaudara pemilik museum gitar swedia samuel dan michael

Samuel Åhdén dan Michael Åhdén.

Siapakah sosok di balik Museum Gitar tersebut? adalah dua bersaudara kakak beradik yang bernama Samuel Åhdén and Michael Åhdén. Awalnya mereka berdua sangat menggemari mobil-mobil tua keluaran Amerika, hingga pada akhirnya keduanya menjadi jatuh cinta terhadap musik Rock & Blues, dan mulai belajar gitar kepada tetangganya yang baik hati menurut Samuel dan Michael. Mengulik lagu dari Chuck Berry dengan menggunakan gitar Gibson Lespaul dan amplifier Marshall milik sang tetangga itu.

Pada suatu ketika saat keduanya sedang mengunjungi toko kaset, mereka terpana oleh sebuah gambar sampul dari gitaris ternama Eric Clapton yang menggunakan amplifier Marshall dan gitar Gibson Les Paul, gara-gara itulah mereka berdua mulai terpicu untuk mengoleksi Gitar dan Amplifier. Berbagai kota di Swedia telah mereka jelajahi demi mendapatkan informasi keberadaan gitar yang dijual dan kemudian dibelinya.

Perburuan Samuel dan Michael tidak terbatas di negaranya saja, terkadang salah satu diantara mereka melancong ke kota dikawasan Eropa lainnya bahkan hingga ke Amerika demi mendapatkan ‘harta karun’ yang tengah mereka cari. Seperti cerita yang dikisahkan kala mereka mendapatkan Fender Broadcaster dalam perburuanya.

katalog gitar di museum gitar swedia

Katalog yang memudahkan pengunjung mengenal isi dari Museum Gitar

Pertengahan tahun 80an mereka mendengar kabar dari koleganya, pemilik dealer alat musik di Washington bernama Gil Southworth memiliki koleksi gitar tua yang sangat langka, yakni Fender Broadcaster yang memang tengah mereka cari pada saat itu. Padahal Gill tidak berniat menjualnya, namun kedua kakak beradik tersebut memintanya membuat penawaran, tentu deretan angka fantastis menjadi syarat penebus yang ditawarkan oleh Gill. Karena sudah saking tak kuat menahan hasrat dan nafsunya, Samuel dan Michael pun menerima mahar yang tak disebutkan secara pasti berapa jumlah angkanya.

Hingga pada akhirnya, hasil perburuan ‘harta karun’ telah mencapai ratusan koleksi gitar yang menghuni kediaman keduanya, dan pada akhirnya sejak Februari 2015 lalu mereka berdua memutuskan untuk membuka Museum Gitar yang bisa dikunjungi khalayak umum, dan menyedikan katalog untuk para pengunjung agar memudahkan mengenal historis gitar yang terpajang di Guitars-The Museum. (ery/c1/sip).

Info Terkait


Bagaimana Menurutmu?

Komentari Artikel Ini

Your email address will not be published.

Berita: Malang | Indonesia | Mancanegara | Info Gear | FaMoooSsss | Info Event | Foto | Kami | Iklan | Sitemap | Kontak | Redaksi | Pedoman Penulisan Siber | Kode Etik Jurnalistik |