Kelola Bisnis Musikmu Dengan Fitur Canggih, Google My Business


image-google-my-business

Google My Business

Portalmusikmalang.com – Halo gais, kamu punya usaha studio musik?, toko alat musik, toko kaset, studio recording, atau hal apa aja yang berkaitan dengan bisnis yang kamu kelola, pasti nggak lepas dari apa yang disebut promosi. Sepertinya sudah pada tau n menjadi kewajiban bagi para pebisnis untuk melakukan hal itu.

Banyak cara dan sarana yang bisa kamu lakukan untuk mempromosikan bisnismu, mulai dari yang gratisan hingga harus mengeluarkan bajet. Contohnya, sosmed seperti Facebook, Twitter, Google Plus dll. Merupakan teknologi informasi yang bisa banget kamu manfaatin, dan fiturnya banyak lho. Menguntungkan dan gratis pula.

Dalam artikel ini saya akan membahas tentang Google. Seperti kita ketahui bersama, Google merupakan mesin penelusur yang sangat canggih dan nomor 1 di dunia. Boleh dibilang Godfathernya jagat internet. Banyak hal ‘gila’ yang bisa kamu peroleh dari Google. Raksasa internet itu mempunyai banyak fitur2 keren lho. Hal yang paling menarik bagi pebisnis adalah Google telah membuat layanan dan peralatan untuk lingkungan bisnis dan masyarakat; termasuk aplikasi web, jaringan periklanan dan solusi bagi pebisnis.

Adalah fitur Google My Business. Sekedar mengingatkan kembali, mungkin sudah pernah tau namun nggak kepikir manfaatnya. Nah, memang apa sih kelebihan fitur Google Bisnis itu? Langsung saja.

Saya mengambil contoh seperti yang dilakukan Antz Musik Malang. Studio musik tersebut memanfaatkan fitur Google My Business atau Google Bisnisku. Fitur tersebut merupakan layanan gratis dari Google yang didesain khusus untuk sebuah bisnis, produk, toko online, kantor, artis, dan komunitas sebagai sarana untuk mengelola kehadiran online bisnis dengan cepat dan mudah.

Dampaknya, usaha atau bisnis yang kamu kelola dengan mudah langsung terlacak mesin pencari google. Muhammad Faizal, selaku pengelola Antz Musik sempat berbincang dengan saya, “saya sangat beruntung menggunakan fitur ini. Pengguna internet di Kota Malang khususnya menjadi lebih mudah untuk mengetahui lokasi studio musik dan bisnis lainnya yang tengah saya kelola.” jelasnya sangat antusias.

Benar apa yang disampaikannya. Saat saya mulai mengetik keyword Antz Musik, seketika langsung muncul Badge di sidebar sebelah kanan dari mesin pencari tersebut. Antz Citra Indonesia. Lengkap dengan alamat, foto tempat usaha, jam kerja, dan contact person. Yang lebih menarik, disitu juga otomatis tercantum peta lokasi bisnis. Tinggal klik, langsung terakses otomatis dengan Google Map.

antz-music-malang

Muncul Badge sidebar kanan

Dampak dari itu? pasti sangat menguntungkan bagi bisnis anda dan pelanggan. Mengapa? Pasalnya, pelanggan bisa mengetahui informasi lengkap terkait Antz Musik, berupa petunjuk arah ke lokasi bisnis, jam buka, atau nomor telephone yang sudah tercantum lengkap. Kwereeennn banget kan.

Nah, pasti kamu langsung tertarik dalam sekejap kan. hehehehe. Sekarang, gimana sih supaya bisnismu bisa ikut nongkrong di Google Bisnis.? Caranya gampang banget bos.

Ke-1. Siapin segelas kopi atau teh hangat terlebih dulu. Biar nggak bad mood depan komputer. Lanjut, kamu harus punya akun Google terlebih dahulu. Nggak punya? buruan bikin ya bos.

Ke-2. Setelah akun jadi, catat dan inget username serta password, lalu masuk ke tautan ini, www.google.com/business. Lihat pojok laman kanan atas warna biru bertuliskan “Tampil di Google”. Lalu klik saja. Akan muncul laman baru Tambahkan Bisnis Anda. Isi tiap kolomnya, mulai dari nama bisnis, kategori, jam buka usaha, kota, petunjuk arah dan lainnya.

Notes: Tulis alamat dengan benar seperti ejaan, dll. Inget, yang benar lho. Karena kalau alamat yang kamu tulis salah, nggak akan terdeteksi secara otomatis oleh Google Map. Sangat penting saat akhir verifikasi nanti.

Ke-3. Setelah semua data kamu isi dengan lengkap dan benar. Klik lanjutkan pada tombol bagian bawah, dan masuk pada laman Konfirmasi Bisnis Anda. Nah, dalam laman ini akan tercantum Badge yang berisi data alamat dan nomor telephone. Baca sekali lagi dan pastikan benar. Setelah oke, centang pada “Saya berwenang…xxxxx”. Lalu lanjutkan.

Ke-4. Pada laman ini, kamu diminta oleh Google untuk memverifikasi akun yang telah dibuat dengan memasukan nomor handphone yang sudah terdaftar tadi . Ada 2 pilihan, kirim SMS atau Voice Call buat dengerin suara operator yang ngeri-ngeri sedap. Mending pilih kirim SMS aja yah. Kirim…!

Ke-5. Ting…ting…., lihat di handphonemu gais, ada notifikasi dari Google berupa angka 6 digit. Lalu masukkan angka tersebut kedalam kotak yang sudah menunggu, dan tekan tombol verifikasi.

Ke-6. Nah ini hampir terakhir gais. Kamu diarahkan masuk ke laman verifikasi bisnis anda. Bagaimana kamu memperoleh kode verifikasi? begitu kata Google. Klik saja, Mail. Dilaman selanjutnya, muncul Badge yang tertulis nama bisnis dan alamat. Lalu tekan tombol Send postcard. Lalu akan muncul notif, bisnismu akan di verifikasi setelah menerima kode yang terkirim ke alamat dalam jangka waktu 1 Minggu – 2 Minggu. Kadang2 molor sampai sebulan.

Ke-7. Lalu tekan tombol lanjutkan (continue). Dan akan muncul laman baru berupa Dashboard bisnis yang kamu kelola. Bisa kamu lengkapi lagi sembari menunggu surat cinta dari pak pos yang telah dikirim oleh Google ke alamat rumah atau toko kamu.

Ke-8. Menunggu memang hal yang paling bikin gemes. Setelah 1 Minggu lebih, surat cintamu datang. Huuureeee….! buka dan kamu mendapatkan nomor undian cantik yang harus kamu masukin ke Google Bisnis.  Ikutin panduan yang ada dalam surat tadi. Dan hasilnya….? huaseeeekkk….kini akun Google Bisnismu sudah aktif. Dan Nggak sampai beberapa jam langsung terdeteksi oleh mesin penelurus google secara otomatis. Berupa Badge yang tercantum pada sidebar sebelah kanan (seperti contoh screenshot diatas). Gimana? kweeerreen kan.

Yang terakhir, Informasi bisnis yang terverifikasi akan muncul di Google Maps, sehingga membantu pelanggan menemukan petunjuk arah ke lokasi bisnis dengan mudah.

Google Indonesia percaya, jika para pebisnis terus berusaha untuk membuat usahanya semakin terlihat di web, akan membuat pelanggan lebih mengenal bisnis yang kamu kelola.

Harus kamu ketahui, dalam data studi Consumer Barometer 2014 terungkap, bahwa 28% orang Indonesia mencari informasi atau belanja online melaui smartphone. Angka tersebut naik 50% dibanding tahun lalu. Hal ini menunjukkan pelanggan pengguna internet akan makin tumbuh, dan berkembang setiap waktu. (ery/c1/sip).


Bagaimana Menurutmu?

Komentari Artikel Ini

Your email address will not be published.

Berita: Malang | Indonesia | Mancanegara | Info Gear | FaMoooSsss | Info Event | Foto | Kami | Iklan | Sitemap | Kontak | Redaksi | Pedoman Penulisan Siber | Kode Etik Jurnalistik |