Kompilasi “Soundclash Vol.1″ Dijual di Casette Store Day Chicago, USA


djenks-band-reggae

D’Jenks (dok: GERAL DWITAMA)

Portalmusikmalang.com – Menyambut International Casette Store Day tanggal 8 Oktober ini, kaset Kompilasi Reggae Soundclash Vol.1 yang berisi 3 band reggae tanah air, D’Jenks, The Skabanton (Surabaya) dan James Steady (Cirebon) dijual khusus di Chicago, Amerika Serikat, melalui Jump Up Records. Kerjasama D’Jenks dengan records asal Chicago ini sudah terjalin sejak beberapa bulan yang lalu.

Soundclash Vol.1 di Indonesia dirilis oleh Soundclash Records dan bekerja sama juga dengan Dead Rat Records, dan hanya khusus dirilis dengan format kaset. Dan album yang dirlis tahun 2015 lalu sampai saat ini sudah banyak habis terjual. Rencananya akhir tahun ini Tour Soundclash Vol.1 akan digelar di Surabaya.

jump-up-recordsD’Jenks yang Juni lalu sempat bermain di Baybeats Festival Singapura, baru saja merampungkan workshop album terbaru mereka, yang akan dirilis awal tahun depan, kali ini mereka bekerja sama dengan Dharmo Soedirman, pianis yang juga personil band ska Sentimental Moods dan band jazz avant garde Notturno ini bertindak sebagai pengarah rekaman.

Video klip terbaru D’Jenks yang juga merupakan single dari kompilasi Soundclash Vol.1 ini “I Wanna Skank” akan segera tayang melalu kanal youtube bulan November nanti, disutradarai oleh Allan Soebakir dari Sinema Pinggiran.

D’Jenks merupakan band yang memadukan unsur reggae dengan attitude punk rock, dengan personil saat ini Mr. Rumput (Vokal), Rama Adhitya (Gitar), Bayu Satria (Keyboard), Christo Putra (Drum), Ario Nugroho (gitar), Nur Mahdi Amin (Bass) Terbentuk di tahun 2003 dari komunitas Under’ Moestopo’ Ground dan Univ. Sahid.

**** D’Jenks Profile

D’Jenks merupakan band yang memadukan unsur reggae dengan attitude punk rock, dengan personil saat ini Mr. Rumput (Vokal), Rama Adhitya (Gitar), Bayu Satria (Keyboard), Christo Putra (Drum), Ario Nugroho (gitar), Nur Mahdi Amin (Bass) Terbentuk di tahun 2003 dari komunitas Under’ Moestopo’ Ground dan Univ. Sahid.

Musik D’Jenks banyak sekali terpengaruh oleh Toots and The Maytals, Operation Ivy, The Dead 60’s hingga The Clash. Musik reggae yang dimainkan D’Jenks lebih banyak menggunakan distorsi gitar dengan sound raw karena mereka tidak ingin terpaku pada stereotype bahwa reggae itu Bob Marley dan harus merah kuning hijau, karena sebenarnya lebih luas dari itu.

djenks-perfomance

D’Jenks (dok)

Tahun 2010 D’Jenks ikut dalam kompilasi “Return of the rootbois vol. 1” sebuah kompilasi band ska dan reggae tanah air yang dirilis oleh Revival Records. Kemudian di tahun 2011 lagu “Prison Blues” masuk dalam sebuah kompilasi “Life Is Beautiful” yang digagas oleh komunitas music Institut Kesenian Jakarta lewat Maximum Soul Records, selain itu Prison Blues juga terpilih untuk mengisi original soundtrack film “Arisan 2” karya Nia Dinata.

Tahun 2013 D’Jenks merilis album penuh pertama mereka, dibantu oleh Paviliun Records untuk produksi dan Demajors untuk distribusi. Rilisan band ini juga sudah bisa di beli di Itunes dan Spotify. Lagu Reggae On The Stereo milik D’Jenks masuk dalam sebuah kompilasi ska reggae vol. 30 th 2013 blog Ska & Reggae asal Spanyol skanimat.wordpress.com.

D’Jenks juga bekerja sama dengan Sinema Pinggiran untuk merilis video klip Jalan Panjang Yang Berliku tahun 2014 lalu.

Di tahun 2015, single Kala Musik Bergema Jilid.1 dirilis oleh Offbeat Records untuk ikut dalam kompilasi “Indonesia Reggae Sounds”, dari band reggae seluruh Indonesia. Dan di tahun 2015 juga D’Jenks membentuk Soundclash Records yang akhirnya merilis Soundclash Vol.1 sebuah three way split dari band yang memiliki roots Jamaican musik di Indonesia yakni The Skabanton (Surabaya) dan James Steady (Cirebon).

Discography:
1. Return Of The Rootbois Vol. 1 – Move On (single) / Revival Records (2010)
2. Life Is Beautiful – Prison Blues / Maximum Soul Records(2011)
3. OST. Arisan 2 – Prison Blues / Aksara Records (2012)
4. Reggae on the Stereo / Skanimat Reggae Compilation, Spain (2013)
5. D’Jenks ‘Selftitled’ Album / D’Jenks & Paviliun Records (2013)
6. Indonesia Reggae Sounds Compilation – Kala Musik Bergema Jilid.1 / Offbeat Records (2015)
7. Soundclash Vol.1 – Three Way Split with James Steady (Cirebon), The Ska Banton (Surabaya) – Soundclash Records (2015)
8. D’Jenks; Live and Raw – Live and Singles special release for Record Store Day 2016

Info Terkait


Bagaimana Menurutmu?

Komentari Artikel Ini

Your email address will not be published.

Berita: Malang | Indonesia | Mancanegara | Info Gear | FaMoooSsss | Info Event | Foto | Kami | Iklan | Sitemap | Kontak | Redaksi | Pedoman Penulisan Siber | Kode Etik Jurnalistik |