Ngalam Jazz Community; Wadah Untuk Musisi dan Penikmat Musik Jazz


Logo ngalam jazz community

Ngalam Jazz Community

Portalmusikmalang.com – Ada kabar gembira bagi para penikmat musik jazz di kota Malang. Punya ketertarikan tentang musik jazz? Ingin bisa memainkan musik jazz? Atau ingin share pengalaman tentang segala hal mengenai musik jazz? Bisa banget nih untuk main dan gabung dengan komunitas Ngalam Jazz Community. Di konunitas itu merupakan tempat sharing yang paling pas untuk mengenal lebih dalam tentang apa itu musik jazz dan perkembangan musik jazz. Khususnya untuk kota Malang sendiri.

Komunitas Ngalam Jazz Community terbilang sebagai komunitas baru, terbentuk awal bulan Agustus 2017 lalu. Ada beberapa hal dasar yang melandasi munculnya komunitas ini. Yang pertama, kerinduan akan event-event reguler bernuansa jazz mengingat dalam 2 tahun terakhir terbilang cukup minor. Yang kedua, melanjutkan kembali visi dan misi perjuangan komunitas serupa perihal edukasi ataupun sharring genre terkait.

Berawal dari ajang Jazz Band Wanted yang digagas oleh MLDSPOT pada bulan Mei 2017 lalu, animo kontestan yang mengikuti ajang tersebut cukup tinggi. Sejumlah 35 band jazz/jazzy terdaftar sebagai peserta. Jumlah sebanyak itu cukup mengejutkan, mengingat minornya pertunjukkan reguler, padahal animo masyarakat Malang terhadap musik jazz masih sangat tinggi. Banyak di antara peserta yang menanyakan pasca digelarnya acara itu, “kapan ada event kayak gini lagi”, “kami pingin ada wadah atau tempat yang bisa menjadi jujugan eksistensi”. Begitulah dari sekian keinginan yang terangkum oleh jurnalis portalmusikmalang.com, Hasan.

Maka dari itulah, Erwin yang merupakan salah satu tim event yang terlibat dalam ajang tersebut menginisiasi berdirinya Ngalam Jazz Community bersama rekan-rekannya. Dimulai dengan membuat grup WA, hingga terkumpulah puluhan personal di grup lini masa itu. Seluruh anggota yang tergabung memiliki tujuan yang sama, seperti yang di ungkap oleh Andika keyboardist band Equinox dan Abing dari Riyadlul Jazzy.

anggota ngalam jazz community

Anggota Ngalam Jazz Community (dok)

“kami terbuka dengan siapapun, komunitas ini tidak hanya untuk musisi saja, penikmat musik pun bisa bergabung disini.” jelas Abing.

“Komunitas ini dibentuk bukan hanya untuk sekedar menjadi ajang untuk show off atau pamer skill. Tetapi, komunitas ini dibentuk sebagai media pembelajaran dan sharing untuk orang-orang yang memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap musik Jazz” tuturAndika dari band Equinox.

Menindaklanjuti terbentuknya Ngalam Jazz Community, sejumlah agenda telah mereka persiapkan. Yang terdekat, tanggal 8 September 2017 ini, mereka menggelar acara untuk pertamakalinya, bertempat di Kafe Ria Djenaka Jalan Bandung dengan title “Jazz Friday”. Ada apa dengan hari Jum’at? dalam tiap bulan, akan digelar 2 kali acara reguler pada hari itu.

Di acara ini khususnya pada tanggal 8 September 2017, kamu bisa menyaksikan penampilan band-band muda Malang seperti Riyadlul Jazzy, Doshiko, Longin in Depht, dan Audiosick. Dimulai dengan perfomance, sharring session, dan brand moment seperti game chalence. Agenda lain adalah tribute local heroes, yaitu mengemas ulang lagu-lagu dari band Malang yang sudah memiliki album dalam balutan musi jazz, serta sejumlah program lain seperti charity.

Nah gimana menurut kalian? Sudah tertarik untuk gabung Ngalam Jazz Community? (hasan/c6/pr).

Info Terkait


Bagaimana Menurutmu?

No Responses

Komentari Artikel Ini

Your email address will not be published.

Berita: Malang | Indonesia | Mancanegara | Info Gear | FaMoooSsss | Info Event | Foto | Kami | Iklan | Sitemap | Kontak | Redaksi | Pedoman Penulisan Siber | Kode Etik Jurnalistik |