Ocarinesia


ocarinesia

Ocarinesia

Portalmusikmalang.com – Ocarinesia adalah sebuah komunitas instrumen musik  unik, ocarina,  untuk  negeri tercinta,  Indonesia.  Nama ‘Ocarinesia’  merupakan singkatan/gabungan dari ‘Ocarina’ dan ‘Indonesia’.

Ocarinesia  berdiri  dan berpusat di Malang,  pada  1 April 2014, bertepatan dengan 100 tahun  HUT  Kota Malang.  Saat ini  telah tersebar di beberapa kota  besar, dan  berharap bisa melebarkan sayap ke kota-kota lainnya di Indonesia. Ocarinesia juga telah tergabung dalam salah satu asosiasi ocarina internasional,  yaitu  Ocarina Association,  yang berpusat di Dallas. (site: www.ocarinaassociation.org)

Salah satu alasan dibentuknya komunitas ini adalah karena tidak adanya komunitas yang mewadahi baik pemain atau peminat ocarina di dalam negeri untuk belajar dan berkreasi. Untuk saat ini Ocarinesia merupakan komunitas ocarina pertama dan satu-satunya di Indonesia. Selain bertujuan mengenalkan ocarina di Indonesia lebih luas, Ocarinesia juga ingin berperan aktif dalam setiap kegiatan yang memberikan manfaat dan kebaikan untuk negeri dan masyarakat, baik secara langsung atau pun tidak.

Ocarinesia  memiliki kegiatan-kegiatan baik rutin maupun tidak. Antara lain adalah sebagai berikut.

1.  Friendship Roadshow
Merupakan kegiatan yang  dilakukan di tempat terbuka  atau  keramaian  untuk memperkenalkan ocarina kepada masyarakat  umum.  Untuk agenda rutin  biasa diadakan setiap hari minggu pagi di Car Free Day.  Sedangkan untuk agenda non-rutin,  diadakan sewaktu-waktu di taman-taman atau tempat terbuka lainnya.

2.  Sharing and Gathering
Adalah kegiatan rutin internal mingguan yang kami adakan setiap hari sabtu sore  di taman-taman,  untuk membahas hal-hal seputar komunitas,  biar  lebih saling mengenal, dan belajar bersama bermain ocarina.

3.  Events and Collaboration
Ocarinesia  juga  mengisi permintaan event-event, terutama event-event sosial  dan pendidikan. Apalagi jika ada ajakan kolaborasi  baik musikal atau non-musikal, Ocarinesia akan sangat bersenang hati menerima.

4.  Projects
Ocarinesia saat  ini sedang mengerjakan beberapa project yang berkaitan dengan musik dan instrumen ocarina.

Keanggotaan Ocarinesia  terbuka bagi siapa saja, tidak terbatas usia atau pun gender.  Untuk saat ini, anggota termuda adalah seorang siswi SD dan SMP. Jumlah anggota Ocarinesia saat ini  (2015)  berkisar 30 orang, yang tersebar di beberapa kota di Indonesia,  seperti  Malang, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Bali, dan Pontianak. Sedangkan pusat  komunitas dan kegiatannya  masih  ada di kota Malang.

Sebagian besar  anggota Ocarinesia  tidak memiliki latar belakang pendidikan musik  formal.  Kebanyakan  memilih  belajar dan bermain ocarina karena memang suka, unik, dan menyenangkan.

Ocarinesia  saat ini  dikoordinir  oleh M  Dedi Rudianto,  biasa dipanggil dengan sapaan  Dedi,  seorang warga  Malang, yang sebelumnya aktif di komunitas Save Street Child Malang (SSCM) dan Komunitas Pengguna Linux Malang (KPLI Malang).

Dedi menyelesaikan kuliahnya  tahun 2012  dari Universitas  Brawijaya, jurusan Ilmu Komputer,  dengan  kesehariannya  bekerja sebagai freelance programmer. Ketiadaan komunitas  ocarina menyebabkan Dedi belajar ocarina dari internet  sejak tahun 2012, terutama  dari  youtube.

Dengan mengajak beberapa teman,  akhirnya  mendirikan komunitas ocarina di Malang dengan nama Ocarinesia, sebagai wadah untuk saling berbagi dan belajar bermain musik ocarina.

Informasi : Dedi 0856 4868 4842 / Twitter @ocarinesia / Facebook ocarinesia / Site ocarinesia.com


Info Terkait

Bagaimana Menurutmu?

Komentari Artikel Ini

Your email address will not be published.

Berita: MALANG | Indonesia | Mancanegara | INFO GEAR | FaMoooSsss | Info Event | Foto | Kami | IKLAN | Sitemap | Kontak | REDAKSI | Pedoman Penulisan Siber | Kode Etik Jurnalistik |