Peluang Emas Untuk Musik Indie Di Era Digital


peluang-emas-untuk-musik-indie-di-era-digital

Narasumber : Bens Leo & Andi Ayunir

Portalmusikmalang.com - Baru-baru ini kota malang kedatangan sosok yang cukup dikenal di blantika musik tanah air, Bens Leo yang di kenal sebagai pengamat musik yang sangat berkompeten dalam industri musik negeri ini, dan di kenal jago dengan sudut pandangnya tentang khasanah musik di indonesia. Satu lagi, Andi Ayunir , sosok ini juga di kenal sebagai player, music director dan pemerhati musik dan cukup di kenal sebagai musisi yang selalu “Khas” dengan teknologi.

Dalam kunjunganya ke kota malang kali ini, beliau berdua bertujuan untuk program sosialisasi dalam mengenalkan “Marketing Musik Indie Di Era Digital”, bertempat di Galeri Malang Bernyanyi pada tanggal 06/12/2014 tema acara ini cukup menarik kalangan musisi kota malang untuk hadir.

Andi Ayunir memaparkan pengetahuanya tentang musik industri (indonesia), era “Major Label” sebelum tahun 2006 bisa di katakan masa jaya-jayanya. Banyak band yang lahir dan besar dari era itu, seperti Dewa, Gigi, Peterpan, dan lainya.

Seiring dengan waktu berjalan, dengan kondisi musik di indonesia yang mulai lesu, memasuki 2005 bisa dianggap sebagai puncaknya/ titik nadir, penjualan dalam bentuk kaset/ CD yang di distribusikan oleh Major Label bisa di katakan dalam kondisi sekarat (tidak laku) dikarenakan seiring dengan menggilanya pembajakan baik dalam bentuk CD ataupun download gratis di situs-situs penyedia Free download MP3, memasuki tahun 2006, saat itu era RBT / Ring Back Tone berkembang pesat, cukup hanya dengan modal bagian lagu yang “Kuat” dengan durasi 30 detik bisa di jual dan di download berbayar.

Selang 6 tahun kemudian, tepatnya antara 2013 – 2014 industri musik indonesia memasuki babak baru, yaitu era digital. seperti apa maksudnya ? mudahnya, tidak harus band major label, tetapi band indie label saat ini bisa mengenalkan karya-karyanya untuk bisa di nikmati publik, bahkan bisa di jual. Lihat contoh, banyak sosok / band yang menjadi beken lahir dari situs-situs seperti Youtube, Vimeo, dan lainya.

Saat ini, juga banyak situs online store yang menjual lagu secara digital, seperti Amazon, Beatmusic, dll. yang bekerja sama dengan vendor distribusi seperti Itunes, Google Play, Dll. Banyak dan terbukti band-band indie saat ini menggunakan fasilitas tersebut. Bahkan, banyak juga band-band Major Label yang telah selesai kontrak, memutuskan untuk melangkah di jalur indie, seperti Gigi dan lainya.

“Kedepannya, indonesia bakal mempunyai digital distribusi (Distribusik Musik Indonesia / DMI) seperti Itunes, sehingga memudahkan pelaku musik tanah air untuk mendistribusikan lagunya, dimana kesulitan saat ini para peminat yang ingin download lagu harus menggunakan payment via Credit Card ataupun Paypal” ujar andi. Padahal gak semua orang punya itu, seraya menambahkan.

Saat ini kami sedang dalam tahap membangun sytemnya, mudah dan gampang di akses. Peminat cukup bayar via Bank lokal/ transfer atau potong pulsa. Jadi, pergunakanlah kemajuan teknologi saat ini, selalu berkarya dan jangan putus asa. Bens Leo: Originalitas dalam berkarya musik itu penting untuk band. <Er/y>.

Liputan & Foto: By J7.


Info Terkait

Bagaimana Menurutmu?

Komentari Artikel Ini

Your email address will not be published.

Berita: MALANG | Indonesia | Mancanegara | INFO GEAR | FaMoooSsss | Info Event | Foto | Kami | IKLAN | Sitemap | Kontak | REDAKSI | Pedoman Penulisan Siber | Kode Etik Jurnalistik |