[Review] Fender Stratocaster American Vintage Reissue ’56


Fender Stratocaster American Vintage Reissue 56

Foto : Property Jeks77 Musik Malang ©portalmusikmalang.com

Portalmusikmalang.com – Fender stratocaster, adalah sebuah brand dan seri dari salah satu produk fender yang sangat legendaris di dunia pergitaran selain seri-seri lain seperti Telecaster, Jazzmaster, Mustang, dan lainya.

Jika menilik pada sejarah, Stratocaster pertamakali didesain dan di kenalkan pada publik tepatnya pada tahun 1954 oleh Fender Musical Instruments Corporation. Sejak saat itulah, fender straocaster mampu memikat kalangan gitaris pada era awal hingga saat ini. Di kenal dengan kelebihan tone maupun sound yang sangat berkarateristik, seakan menjadi pembeda dibanding produk gitar lainya.

Nah updaters, kali ini kami mengulas tentang gitar Fender stratocaster American Vintage Reissue (AVRI) 56. Mungkin di benak updaters bertanya, apa sih maksud dengan American vintage maupun Reissue?

Sebenarnya kedua istilah tersebut saling berkaitan, Reissue di artikan sebagai produk yang di kemas/dibuat kembali pada era sekarang dengan mengadopsi pola yang sama ketika pertamakali produk tersebut dibuat. Ya, Fender strat AVRI 56 memang dibuat sebagai “Kloning” dari Fender strat original keluaran tahun 1956. Baik dari segi contour body, pola shape neck, jenis decals dan part replacement.

Fender american vintage 56 headstok

Headstock Fender AVRI 56 ©portalmusikmalang.com

Setelah kami mencoba produk ini, waooow…kami akui secara tone maupun sound benar-benar serasa era fender jadul, pure vintage. Tanpa menghilangkan karakter fender aslinya, yang dikenal dengan sebutan Glassy tone. Luar biasa…!!

Untuk material kayu body, Fender strat AVRI 56 menggunakan alder (udah pada tahu kan karakter kayu alder?), Neck menggunakan 1pcs maple termasuk di papan fingerboardnya. Untuk joint constructionya menggunakan Bolt-on system.

(Baca juga : Pengaruh Jenis Kayu Sebagai Bahan Pembuatan Gitar)

Selain hal itu bagaimana dengan playabilitynya? pola shape pada neck Fender ini mengunakan model “V Soft” shape, artinya neck tersebut membentuk sudut seperti V tetapi cenderung lebih halus, seperti pola di “U” shape. Untuk beberapa gitaris, mungkin kurang begitu cocok dengan shape jenis tersebut, karena memang sudut kelengkungan dari jari jempol ke jari telunjuk setiap orang berbeda.

Untuk konfigurasi elektronik, tetap seperti pola “Traditional Pattern” nya stratocaster, yakni 1 Volume dan 2 tone, dengan 3 pickup single coil yang di padu dengan 5 way switch.

Nah, untuk ke tiga pickupnya ini yang menjadi salah satu kunci utamanya, yakni American Vintage ’56 single-coil, yang ternyata benar-benar di “Kloning” dari keluaran original vintage 56.

Overall, kesimpulan kami, gitar Fender strat AVRI 56 memang benar-benar dibuat para gitaris yang menginginkan tone dan sound jadul era kuna, benar-benar old-school Strat sound. Buat updaters yang demen banget dengan sound ala Hendrix, David Gilmour dan SRV, gitar ini sangat di rekomendasikan banget.

Well, kita akan bertemu lagu di sesi produk review selanjutnya, semoga artikel ini bermanfaat buat anda. <Er/y>.

Sumber : review prodak menggunakan properti Jeks77 Musik Malang.


Info Terkait

Bagaimana Menurutmu?

Komentari Artikel Ini

Your email address will not be published.

Berita: MALANG | Indonesia | Mancanegara | INFO GEAR | FaMoooSsss | Info Event | Foto | Kami | IKLAN | Sitemap | Kontak | REDAKSI | Pedoman Penulisan Siber | Kode Etik Jurnalistik |