(Review) MXR Custom Badass Modified OD M-77 By Iboer Fingerprint


MXR Custom BadAss Modified

Foto: MXR Custom Badss Modified © Zeruya Anggraita

Portalmusikmalang.com – Hai updaters,kali ini saya coba mengulas salah satu produk dari pabrikan Jim Dunlop, yakni MXR Custom Badass Modified OD M-77.

Menurut saya, MXR Custom Badass Modified OD M-77 merupakan sebuah pedal overdrive yang sangat versatile dan cukup transparan untuk karakter drive nya. Pedal ini memiliki fitur yang agak berbeda dari banyak pedal overdrive pada umumnya, yang mana kebanyakan pedal hanya memiliki 3 buah knob kontrol. Pedal ini memiliki 4 buah knob yang terdiri dari : level, tone, gain, 100hz (untuk meng-‘cut’ or ‘boost’ low frequency) dan sebuah switch “bump” yang berfungsi sebagai Mid & Low booster.

MXR Custom BadAss Modified pic1

Foto: MXR Custom Badss Modified © Zeruya Anggraita

Dalam review kali ini, saya aya menggunakan 2 buah gitar untuk menjajal langsung sound dari pedal ini. Gitar yang saya pakai yakni Fender stratocaster American Vintage Reissue (AVRI) 57′ yang memiliki konfigusrasi pickup triple single coil, dan Ibanez JS 1200 series yang berpickup Double Humbucker. Amplifier yang dipakai untuk mereview adalah Head Randall RD20 yang tersambung pada Cabinet 2×12 (Celestion Speaker).

Setting pertama yang saya coba adalah dengan menempatkan posisi semua knob pada pukul 12. Dengan setting ‘all knob at noon’, pedal ini sudah bisa menghasilkan sound overdrive yang fat, warm, dan transparant dengan dinamika respon picking yang baik. Dengan setting seperti ini, memainkan ritem blues ala Stevie Ray Vaughn atau Kenny Wayne tidak menjadi masalah. Memainkan ritem yang perkusif & ritmik seperti pada musik Funk, Reggae, atau Pop sekalipun tidak ditemukan kendala yang berarti.

MXR Custom BadAss Modified pic3

Foto: MXR Custom Badss Modified © Zeruya Anggraita

Mengurangi jumlah tone dan sedikit menambah low (100hz) dan mengurangi sedikit tone pada gitar, maka kita akan mendapat sebuah tone yang jazzy..hehehe… Dengan setting sama, pada gitar berpickup Humbucker (Ibanez JS 1200) karakter tone yang dihasilkan tidak berubah. Tetap clear, dengan dinamika dalam menangkap respon picking yang tetap baik. Perubahan yang terasa adalah adanya peningkatan frekuensi low sehingga kita bisa mendapatkan headroom yang lebih besar.

MXR Custom BadAss Modified pic5

Foto: MXR Custom Badss Modified © Zeruya Anggraita

Masih dalam setting yang sama, dengan mengaktifkan fitur “bump” maka sound yang dihasilkan akan lebih punch dan ‘keluar’ dengan peningkatan pada frekuensi Mid dan Low yang cukup signifikan. Sangat ideal untuk memainkan lead model-model musik blues or jazz. Dengan aktifnya fitur “bump” ini, sound yang dihasilkan akan terasa lebih wide & warm dengan headroom yang lebih besar.

Pada setting full gain, pedal ini dapat menghadirkan sound overdrive yang lebih hot, dengan sustain yang sangat baik tanpa kehilangan clarity dan dinamika nya. Dengan menggunakan gitar berpickup single (Fender AVRI 57′), memainkan ritem ala musik Post Rock, Rock n Roll, Pop atau Lead yang Smooth menjadi sangat mudah. Ketika fitur ‘bump’ diaktifkan pada setting ini, kita dapat memainkan notasi solo dengan ‘Singing’ Sustain yang sangat baik. “It’s like hot rodded tube screamer”… Hot, Warm and Wide. Beralih dengan gitar berpickup Humbucker (Ibanez JS 1200), sound yang dihasilkan menjadi lebih Fat, Warm, Punch dengan sustain yang tentunya juga lebih panjang.

MXR Custom BadAss Modified pic4So, jika kalian mencari sebuah pedal overdrive atau menginginkan pedal overdrive yang sedikit berbeda dengan pedal overdrive pada umumnya, pedal ini dapat kalian jadikan sebagai wacana baru dalam dunia per“overdrive”an. Dengan hanya memakai daya 9v dari adaptor atau baterai untuk pengoperasiannya serta dalam balutan chasing metal kokoh dan warna yang elegan, pedal ini kalian andalkan dalam situasi apapun. Big stage, small stage, studio atau bahkan didalam kamar pun pedal ini sangat layak untuk masuk dalam deretan efek pada pedalboard kalian. (ery/c1/sip).

Editor : Danamilkyway
Photo : Zeruya Anggraita

Produk detail : MXR Custom BadAss Modified OD M-77
Indonesia Distributor : http://mg.co.id/music/


Bagaimana Menurutmu?

Komentari Artikel Ini

Your email address will not be published.

Berita: Malang | Indonesia | Mancanegara | Info Gear | FaMoooSsss | Info Event | Foto | Kami | Iklan | Sitemap | Kontak | Redaksi | Pedoman Penulisan Siber | Kode Etik Jurnalistik |