Sejarah Adalah Tetap Sejarah, Karya Musisi Malang Dan Album Jadul Indonesia 1931 Ada Disini


sejarah-adalah-tetap-sejarah-karya-musisi-malang-dan-album-jadul-indonesia-1931-ada-disini

Deretan koleksi kaset/black vinyl langka di gallery malang bernyanyi

Portalmusikmalang.com – Malang tidak hanya sekedar dikenal dengan musisi atau bandnya saja, jika updaters mau menilisik lebih jauh, banyak banget yang di anggap sebagai “Behind The Scene” layak untuk kalian ketahui. Tentunya tetap berkaitan erat dengan scane musik.

Gallery Malang Bernyanyi atau yang sering di kenal dengan sebutan GMB, adalah salah satunya. Memang mereka bukan sekumpulan pemain band atau komunitas musik, lebih tepatnya kami menganggap sebagai “Pecinta Sejarah Musik” apa pasal? Portalmusikmalang baru-baru ini berkesempatan datang dan ngobrol santai dengan beliau-beliau yang berkompeten kuat untuk tak lupa dengan sejarah musik.

Kami hanya bisa berkata “AMAZING”… banget tempat ini. Bagaimana enggak ?? ribuan Black Vinyl atau istilah umumnya di sebut dengan piringan hitam, Kaset, dan properti musik lainya tertata dengan rapi di kantor GMB yang terletak di kawasan Griya Shanta blok G-407 malang. Dari era lawas hingga era modern, baik musisi lokal malang dan indonesia pada umumnya.

Galeri Malang Bernyanyi mempunyai seabreg koleksi lawas bahkan ada yang masuk kategori “Whorted & Rare Collectible” maksudnya koleksi yang kami anggap amat sangat langka dan paling banyak menjadi buruan para kolektor. Gila nggak ?

Sebelum mengulik lebih jauh, apa sih GMB/ Galeri Malang Bernyanyi itu?? Di dirikan pada bulan agustus tahun 2009, GMB adalah sebuah galeri yang menampilkan karya musik di indonesia dari segala era dan siapapun musisinya. Tidak hanya itu saja gaes…,di GMB juga di jadikan sebagai pusat dokumentasi karya musik yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai materi pendidikan dan pengembangan musik. Woooww…keren kan..?? dan ini di malang lho gaes…., Bangga banget tentunya.

Beliau-beliau sebagai pendirinya adalah : Donny Hardono, Prasetyo Sudomo, Sylvia Saartje, Sigit Hadinoto. Apa sih yang bikin special di sini? banyak banget tentunya…,sederetan koleksi gila yang tidak bisa kami sebutkan semua menjadi tatapan mata kami, beberapa referensinya seperti:

Album Koes BersaudaraTo The So Called The Guiltiesrilisan 1967, yang konon langka banget menurut mas fauzi faisol, operasional dari GMB.

Selain itu juga ada Album Dara Puspita “Jang Pertama” rilisan tahun 1966, mereka adalah sekumpulan band wanita yang di anggap sebagai Supergroup pada eranya.

Ada juga, Reel Container / Pita Rel kuno adalah sebuah gulungan pita kaset yang berbentuk lempengan bulat, ini juga sangat menarik perhatian tentunya.

Nahh…Yang paling “Bahaya” menurut kami adalah, sebuah Black Vinyl album jadul tahun 1931 karya M.Semi yang berisikan tembang-tembang tradisional indonesia. Untuk sekedar di ketahui, pada saat itu 1931 di indonesia belum ada perusahaan rekaman lho.., konon karya dari M.Semi saat itu di rekam di Jerman gaes…!

Tidak hanya itu saja yang menjadi sorotan kami, GMB ternyata juga perduli dengan karya musisi lokal kota malang, terbukti dengan banyaknya karya band-band lokal baik di jalur indie label maupun skala major label juga tertata dengan rapi di dalam ruangan.

“Tempat kami terbuka untuk segenap musisi malang dan komunitas, untuk saling sharing dan berbagi informasi,” ujar fauzi. Tidak hanya itu saja, kami juga sering mengadakan kegiatan musik seperti sarasehan musik, Festival musik Kajoe Tangan (yang menjadi agenda tetap) dan berbagai kegiatan musik lainya di tempat kami,” ujarnya sembari menegaskan.

Nah gaes…bagi kalian yang belum pernah datang ke GMB, cobain deh datang ke tempat yang bakal membuat anda mengenal sejarah musik indonesia. Tidak hanya itu aja…,bagi kalian yang sudah punya karya musik dalam bentuk CD maupun kaset, bisa di pajangin disitu juga lho. <Er/y>.


Info Terkait

Bagaimana Menurutmu?

Komentari Artikel Ini

Your email address will not be published.

Berita: MALANG | Indonesia | Mancanegara | INFO GEAR | FaMoooSsss | Info Event | Foto | Kami | IKLAN | Sitemap | Kontak | REDAKSI | Pedoman Penulisan Siber | Kode Etik Jurnalistik |