Sudah Tahukah Anda Tentang Musik ?? Mengenal Musik Dan Teorinya


sudah-tahukah-anda-tentang-musik-mengenal-musik-dan-teorinya

Mengenal musik

Portalmusikmalang.com – Musik identik dengan nada, secara harfiah musik di anggap sebagai seni/ art yang mempunyai irama dan harmonisasi, serta musik adalah sebuah fenomena yang sangat unik yang bisa dihasilkan oleh berbagai jenis alat musik ataupun humanis.

Secara wujud, mengenal musik memang tidak nampak, tetapi anehnya dia mampu mewujudkan dirinya bagi pendengarnya, Buktinya: mampu mebangkitkan adrenalin, mampu menciptakan rasa damai, dan bahkan seakan mampu membuat khayalan bagi yang dengerin.

Dari sekian banyak jenis aliran musik yang telah disediakan oleh para musisi, musik pop boleh jadi menjadi jenis aliran musik yang paling banyak memiliki peminat. Musik pop memiliki ciri khas berupa musiknya yang easy listening dan memiliki lirik yang komersial.

Selain sederhana dalam lirik dan musik yang cenderung bertemakan hal-hal komersial, keistimewaan lain yang dimiliki oleh musik pop adalah penggunaan berbagai inovasi teknologi untuk menunjang musiknya. Misalnya proses mixing yang dapat menghasilkan nada-nada yang enak didengar dan lebih bervariasi. Hal-hal itulah yang kemudian menjadi alasan mengapa musik pop banyak digemari, terutama oleh para remaja.

Musik pop sebenarnya salah satu genre musik yang merupakan bagian dari musik populer. Musik populer sendiri adalah musik yang tidak terbatas pada satu jenis aliran tertentu. Kriteria utamanya adalah bagaimana jenis aliran musik itu dapat populer dan digemari. Itulah sebabnya mengapa musik pop sering diidentikkan dengan musik populer. Padahal musik pop dan musik populer itu adalah dua hal yang berbeda.

Seperti halnya musik-musik lain yang saling memengaruhi, musik pop pun demikian. Musik pop banyak dipengaruhi oleh “anggota” dari musik populer lainnya. Seperti, gabungan antara genre musik rock, jazz, blues, reggae, Rhythm and blues, rock and roll, tradisional dan lain-lain.

Mari kita menengok pada era tahun 1960an, beberapa seniman termasuk Frankie Avalon, Bob Dylan, Marvin Gaye, Sonny dan Cher, Aretha Franklin, dan The Beatles. Mencampurkan berbagai elemen yang dikombinasikan untuk menciptakan easy listening musik pop. Tahun 70-an melihat disko dan rock bergabung dalam dekade ini, yang mencakup beberapa favorit seperti Earth Wind & Fire, Billy Joel, The Jackson Five, Rod Steward, ABBA, Donna Summer dan Elton John.

Musik pop terus tumbuh dengan cara yang berbeda dengan seniman yang berbeda di setiap dekadenya dan menjadi salah satu genre yang paling dicari sampai saat ini. Tentu saja tahun 80an pun tidak berbeda, dekade ini menghasilkan Raja dan Ratu Pop, yang dikenal sebagai Michael Jackson dan Madonna.

Selama tahun 90-an, pop mulai menggabungkan unsur-unsur genre R & B, yang menghasilkan bintang-bintang seperti TLC, Celine Dion, Mariah Carey, dan Brandy. Namun, pengaruh rock masih tetap dengan vokalis seperti Jewel, Nirvana, Eric Clapton, Tori Amos dan Madonna pernah fleksibel. Tentu saja kita tidak bisa melupakan favortes 90an seperti NSYNC, Ricky Martin, New Kids on The Block, Willa Ford, dan Britney Spears. Dan dekade saat ini telah melihat musik pop dikombinasikan dengan banyak unsur, yang menghasilkan skor bakat baru.

Selama bertahun-tahun musik pop telah berubah dalam banyak sisi, bagaimanapun, satu hal tetap sama, tetapi masih merupakan genre musik yang paling populer sampai saat ini, suatu fakta yang tetap kokoh dan benar selama beberapa dekade.)

Banyak hal yang dipelajari dalam music, misalnya teori, suara, nada, notasi, ritme, melodi, Kontrapun Musik, harmoni, Bentuk Musik, Teori Mencipta Lagu.

Teori musik merupakan cabang ilmu yang menjelaskan unsur-unsur musik. Cabang ilmu ini mencakup pengembangan dan penerapan metode untuk menganalisis maupun menggubah musik, dan keterkaitan antara notasi musik dan pembawaan musik.

Teori musik suara
Teori musik menjelaskan bagaimana suara dinotasikan atau dituliskan dan bagaimana suara tersebut ditangkap dalam benak pendengarnya. Dalam musik, gelombang suara biasanya dibahas tidak dalam panjang gelombangnya maupun periodenya, melainkan dalam frekuensinya. Aspek-aspek dasar suara dalam musik biasanya dijelaskan dalam tala pitch( tinggi nada), durasi (berapa lama suara ada), intensitas, dan timbre (warna bunyi).

Teori musik nada
Suara dapat dibagi-bagi ke dalam nada yang memiliki tinggi nada atau tala tertentu menurut frekuensinya ataupun menurut jarak relatif tinggi nada tersebut terhadap tinggi nada patokan. Perbedaan tala antara dua nada disebut sebagai interval. Nada dapat diatur dalam tangga nada yang berbeda-beda. Tangga nada yang paling lazim adalah tangga nada mayor, tangga nada minor, dan tangga nada pentatonik. Nada dasar suatu karya musik menentukan frekuensi tiap nada dalam karya tersebut.

Teori musik Ritme
Ritme adalah pengaturan bunyi dalam waktu. Birama merupakan pembagian kelompok ketukan dalam waktu. Tanda birama menunjukkan jumlah ketukan dalam birama dan not mana yang dihitung dan dianggap sebagai satu ketukan. Nada-nada tertentu dapat diaksentuasi dengan pemberian tekanan (dan pembedaan durasi).

Teori musik Notasi
Notasi musik merupakan penggambaran tertulis atas musik. Dalam notasi balok, tinggi nada digambarkan secara vertikal sedangkan waktu (ritme) digambarkan secara horisontal. Kedua unsur tersebut membentuk paranada, di samping petunjuk-petunjuk nada dasar, tempo, dinamika, dan sebagainya.

Teori musik Melodi
Melodi adalah serangkaian nada dalam waktu. Rangkaian tersebut dapat dibunyikan sendirian, yaitu tanpa iringan, atau dapat merupakan bagian dari rangkaian akord dalam waktu (biasanya merupakan rangkaian nada tertinggi dalam akord-akord tersebut).

Teori musik Harmoni
Harmoni secara umum dapat dikatakan sebagai kejadian dua atau lebih nada dengan tinggi berbeda dibunyikan bersamaan, walaupun harmoni juga dapat terjadi bila nada-nada tersebut dibunyikan berurutan (seperti dalam arpeggio). Harmoni yang terdiri dari tiga atau lebih nada yang dibunyikan bersamaan biasanya disebut akord.

Nah…ternyata itu semua ada bidang khusus yang mempelajarinya [alat musik], yakni Organologi. Selain membahas soal teori, suara, nada, notasi, ritme, melodi, Musik, harmoni, Bentuk Musik, Teori Mencipta Lagu, kini beralih ke alat musik dimana alat musik merupakan suatu instrumen yang dibuat atau dimodifikasi untuk tujuan menghasilkan nada / irama. <er/y>.

Sumber: isi akrtikel berikut di ambil dari berbagai sumber, seperti : wikipedia, blog musik, dan kemudian di simplekan kedalam satu rangkuman oleh penulis.


Bagaimana Menurutmu?

Komentari Artikel Ini

Your email address will not be published.

Berita: MALANG | Indonesia | Mancanegara | INFO GEAR | FaMoooSsss | Info Event | Foto | Kami | IKLAN | Sitemap | Kontak | REDAKSI | Pedoman Penulisan Siber | Kode Etik Jurnalistik |