Berita: Malang | Indonesia | Mancanegara | Info Gear | FaMoooSsss | Info Event | Foto | Kami | Iklan | Sitemap | Kontak | Redaksi | Pedoman Penulisan Siber | Kode Etik Jurnalistik |

Berawal dari nongkrong dan diskusi bersama beberapa rekan musisi di Kota Malang, ada beberapa hal yang mereka keluhkan. Salah satunya adalah minimnya wadah dalam bentuk media berita publikasi yang berkompeten sepenuhnya dalam bidang musik.

Alasannya, padahal berbagai event hampir tiap hari kerap digelar di kota ini. Baik dalam skala minor maupun mayor. Band-band pun tumbuh dan berkembang. Namun mereka membutuhkan ruang secara tidak langsung, yaitu publikasi dalam format digital.

Media independen itulah yang dibutuhkan. Sebagai salah satu sarana komunikasi dengan publik yang bersifat langsung dan tak langsung. Seperti contohnya penerbitan press release dan lain sebagainya.

Menjawab semua itu, saya (selaku pecinta musik) mengambil inisiatif dan terpanggil bagaimana caranya untuk menginisiasi hal ini?

Dengan bekal yang saya miliki sebelumnya (berlatar belakang dalam bisnis online dan sebagai musisi). Saya berkeinginan mewujudkan hal itu kedalam sebuah webzine musik.

Maka terhitung sejak tanggal 1 Oktober 2013 saya memutuskan membeli domain dengan menggunakan nama portalmusikmalang. Alasan pemakaian nama ini, sebagaimana diketahui, portal adalah sinonim dari pintu. Harapan, semoga dengan nama portalmusikmalang, bisa menjadi pintu atau corong suara kepada khalayak luas, baik dalam Kota Malang sendiri khususnya, serta untuk masyarakat Indonesia umumnya

Setelah mengotak-atik berbagai menu yang sesuai saat mulai penggarapan website, serta menulis artikel awal sebagai postingan pertama, akhirnya website portalmusikmalang.com resmi diluncurkan resmi pada tanggal 1 Desember 2013.

Pada awal perjalanan, tidak semudah yang dibayangkan. Basic saya jauh dari dunia jurnalistik, meskipun saya punya hobi menulis (hanyalah catatan kecil seputar alat musik).

Selain itu kendala lain yang muncul adalah,  bagaimana cara mengumpulkan data-data pelaku musik di wilayah kota Malang, seperti band, studio musik, tempat hiburan musik, dan lainnya.

Menyadari, tentu hal ini butuh tenaga ekstra, cukup memakan waktu dan fikiran. Mengingat saya sendiri disibukkan dengan pekerjaan sehari-hari yang tidak mungkin saya tinggal.

** Notes: Baidewe, website ini sempat nganggur beberapa bulan. Karena tidak ada waktu untuk mengurus serta mengemas konten.

“Sudah kepalang basah dan kadung komitmen, menganggap ini sebagai bentuk rasa peduli terhadap rekan musisi dan segenap pelaku musik di kota ini”.

Seiring dengan berjalannya waktu, pada pertengahan bulan Agustus 2014 terbentuklah tim kecil yang tergerak hatinya dan peduli akan perkembangan musik di kota Malang. Mereka adalah Rangga (Jenar), Danamilkyway (Revolt of Sand) dan Ovic (Jeks77 Musik).

Bersama tim tersebut, kami mulai mengeksplorasi berbagai kegiatan musik di Kota Malang. Dimulai dengan turun kelapangan secara langsung untuk meliput berbagai event, venue, serta musisinya.

Tidak di sangka, kehadiran portalmusikmalang.com mendapat respon yang luar biasa dari semua elemen musik Kota Malang. Terbukti, website yang belum genap berumur satu tahun (saat itu) kebanjiran traffic. Dalam satu hari tembus 600-900 kunjungan per hari.

Hingga pada akhirnya, portalmusikmalang.com berkembang menjadi situs berita musik dalam skala luas (Nasional). Rilisan-rilisan musik dari berbagi Kota di Indonesia kini mulai bisa dinikmati dan dibaca dalam website ini. Menjadi sinyal, bahwa perkembangan dan pergerakan musik di Kota Malang kini telah menjadi pantauan publik luas. – Admin -

Semoga kehadiran kami bermanfaat untuk anda semua.

Salam Hormat
Portal Musik Malang