Tips Berbelanja Online Dengan Aman


tips-berbelanja-online-dengan-aman

Belanja di toko online

Portalmusikmalang.com - Belanja online, kalau didengar kesanya gaul banget yah. Belanja online belakangan ini menjadi kian marak, dengan munculnya berbagai situs-situs yang menjual dan menawarkan bermacam-macam aneka rupa produk.

Toko online mempunyai kelebihan dibanding toko konvensional. Pembeli dengan mudah melihat berbagai macam barang cukup didepan layar komputer atau gadget anda.

Praktis bukan? Semua hargapun juga sudah tercantum jelas, begitu pula dengan deskripsinya. Tentu mempermudah anda untuk compare/membandingkan harga antar seller-seller online yang satu dengan lainnya.

Anda sangat dimanjakan, tidak perlu keluar pagar rumah anda. Belum lagi terkena macet yang kini jadi momok harian. Kini segala sesuatunya menjadi lebih mudah bagi anda.

Namun, sebelum memutuskan belanja lewat online, tidak ada salahnya anda mencoba verifikasi terlebih dahulu. Caranya? bisa anda lakukan sendiri agar mengetahui valid tidaknya toko online yang akan anda tuju. Jika tidak, bisa-bisa lenyap deh uang anda.

Tak sedikit kasus penipuan online yang muncul menjadi headline media nasional. Kerugian yang diderita korban pun bermacam-macam, dari yang puluhan ribu, ratusan ribu, bahkan tak tanggung-tanggung hingga mencapai puluhan juta rupiah.

Nah, anda pasti tidak ingin menjadi satu korban selanjutnya bukan? Lantas bagaimana caranya?

Banyak cara yang bisa anda kerjakan, salah satunya cukup simple. Anda bisa memanfaatkan kecanggihan fitur web browser seperti Google, Yahoo, Bing, dll sebagai mesin pencari.

Kebetulan, penulis juga menggunakan cara-cara yang akan kita kupas dibawah. Langsung saja, berikut cara anda melakukan verifikasi sendiri terhadap toko/seller online dengan menggunakan browser Google (googling).

STEP 1.

Masukan Identitas toko/seller ke toolbox pencarian/search engine di Google, kemudian tekan Enter.

Maka akan muncul berbagai artikel / thread. Dari setiap artikel, anda bisa melihat, apakah muncul identitas toko/seller? Jika muncul, anda bisa melihat di situs /media sosial mana saja ID tersebut menggelar lapaknya. Misal: toko1.com, toko2.com, dsb.

Cek satu persatu disetiap thread yang pernah dibuat sebelumnya, apakah di setiap lapak yang dibuat ID tersebut pernah terlibat suatu masalah? perhatikan testimonial dari pelanggan. Updaters juga bisa mengetahui ID tersebut mulai aktif berjualan sejak berapa lama. Perhatikan tanggal /tahun postingan. Semakin lama durasinya, tentu semakin mudah untuk mencari tau kredibilitas pemilik ID tersebut.

STEP 2.

Masukkan No Handphone / Telephone toko atau seller ke dalam toolbox pencarian/search engine di Google, kemudian tekan Enter.

Verifikasi ini sama persis dengan step 1. Hanya saja, cocok kan nomor yang tertera, apakah sama dengan yang tercantum dalam thread/artikel milik sang pemilik ID?. Misal, jual gitar Fexner. Hubungi. 081-12332112x. Seller yang benar-benar seller, tidak akan merubah contact yang sudah di publishnya. Terkecuali sebab-sebab lain.

STEP 3.

Mintalah alamat lengkap toko/seller yang anda maksud. Selanjutnya anda bisa menggunakan Info layanan 108 Telkom. Tanyakan kepada petugas bersangkutan nomor telephone dari alamat yang anda sebutkan.

Jika, nomer telephone yang anda peroleh dari petugas telkom ternyata sama dengan nomer telephone yang diberikan oleh penjual, maka keabsahan alamat serta nomer telephone 100% adalah benar. Karena database dari Telkom 100% valid.

STEP 4.

Jika anda masih merasa tidak yakin, “JANGAN PAKSAKAN UNTUK BERBELANJA”. Lakukan verifikasi kembali yang lebih mendetail, cek dan selalu cek terus perihal kredibilitas toko/seller tersebut. Anda bisa minta bantuan dari teman atau saudara yang satu kota dengan toko/seller sebelum memutuskan membeli.

Tips ini tidak 100% Mutlak, tetapi setidaknya cara ini bisa membantu anda untuk meyakinkan diri untuk berbelanja online, minimal mengurangi rasa was-was anda. Dan bagaimanapun, tetap utamakan COD (Cash On Delivery) atau datang ke toko, cek barang, cocok lansung angkut.

Oke, semoga bermanfaat. Selamat berbelanja online dan tetap waspadalah terhadap segala bentuk kejahatan yang bisa mengintai anda setiap saat. (er/y).


Info Terkait

Bagaimana Menurutmu?

Komentari Artikel Ini

Your email address will not be published.

Berita: MALANG | Indonesia | Mancanegara | INFO GEAR | FaMoooSsss | Info Event | Foto | Kami | IKLAN | Sitemap | Kontak | REDAKSI | Pedoman Penulisan Siber | Kode Etik Jurnalistik |