“Vintage Gear” Info Efek Yang Menjadi Buruan Para Kolektor #1


Vintage Gear Info Efek Yang Menjadi Buruan Para Kolektor 1

Vintage Pedal’s

Portalmusikmalang.com – Updaters, minggu ini tim portalmusikmalang bakal membahas beberapa efek yang masuk dalam kategori klasik modern, dan masih di gunakan hingga sampai saat ini. Membahas alat musik, salah satunya efek pedal vintage, merupakan hal yang menyenangkan. Beberapa prodak berikut ini kami ambil dari berbagai sumber dan situs perdagangan alat musik di dunia, seperti Ebay, Reverb, Dll. Silahkan anda simak.

Binson Echorec

Binson Echorec

Binson Echorec, vintage 1970’s

Akhir-akhir ini, produk pabrikan Enhorec keluaran tahun 70’an satu ini banyak yang memburunya, terutama di kalangan para kolektor efek langka. Band legendaris Pink Floyd salah satunya yang mempopulerkan efek tersebut. Di kalangan kolektor, efek ini di taksir senilai 19juta – 30juta an.

Dallas RANGEMASTER Treble Booster

Dallas RANGEMASTER Treble Booster

Dallas RANGEMASTER Treble Booster, Vintage 1960’s

Pedal efek keluaran tahun 60’an ini tergolong sangat langka di pasaran, Rangemaster, berfungsi sebagai treble booster untuk tone gitar/amplifier anda, terutama sebagai penguat treble. Secara rangkaian, sebenarnya efek ini tergolong sederhana, namun mempunyai kualitas sirkuit yang sempurna untuk di jenisnya. Beberapa nama besar yang menggunakan seperti Eric Clapton dan Tony Iommi. Pada Era 80’an, efek ini tenggelam di pasaran, namun saat ini muncul kembali karena di buru para kolektor dengan harga yang cukup fantastis, estimasi sekitar 30juta an.

Dallas-Arbiter Fuzz Face

Dallas-Arbiter Fuzz Face

Dallas-Arbiter Fuzz Face, Vintage 1960’s

Nah, yang satu ini cukup legendaris lho updaters, gitaris penggemar Jimi Hendrix rasanya nggak afdol kalau nggak mengenal efek ini. Jika anda mengulik efek ini lebih jauh, sebenarnya terbuat dengan rangkaian yang sederhana pula, namun yang menjadikan “SEDAP”, efek ini menggunakan sepasang transistor germanium (Military Spec) yang digunakan dari era 60’an. Versi original vintage efek yang dibuat pada tahun 60’an di taksir seharga 9juta – 15juta an.

Klon Centaur Professional Overdrive (Gold Case)

Klon Centaur Professional Overdrive

Klon Centaur Professional Overdrive 1990

Banyak di kalangan para kolektor efek berpendapat, Klon Centaur ini banyak sekali permintaan di pasar. Padahal nggak terlalu vintage banget lho. Bahkan mereka berani memborongnya, jika memang banyak yang menjualnya, Namun tentunya tidak semudah itu. Seperti halnya efek di atas, Klon Centaur sangat susah di temui di pasaran. Jika updaters mengamati penampilanya, masih nggak model kuno-kuno banget sih,  dan masih tergolong modern klasik.

Efek ini di rancang sebagai overdrive booster. Konon, dalam beberapa komponen sirkuitnya, ID nilainya di hapus, sehingga sulit sekali untuk di kenali dan bahkan menjiplaknya. Waduuhh,, kalau replacement musti gimana tuh updaters?? Estimasi harga berkisar 9juta – 11juta.

Mu-Tron Bi-Phase & Flanger

Mu-Tron Bi-Phase & Flanger

Mu-Tron Bi-Phase & Flanger, vintage 1970’s

Efek jenis modulasi jadul ini menyeruak di tengah pasar yang saat ini gila efek berjenis overdrive dan booster. Mu-tron, pedal buatan tahun 70’an ini memunculkan jenis modul phaser dan flanger, yang menarik terutama di fitur Bi-Phase, yang ternyata bisa berfungsi stereo lho updaters. Yang mampu di konrol dengan pedal optik. Secara sound, so pasti tetap berkarakter “Vintage” banget. Di pasaran perdagangan dunia, efek ini di jual seharga 18juta. waoow…!!

Nah…bagaimana updaters, jika anda mempunyai salah satu brand dan jenis efek di atas, tentu bisa anda jadikan sebagai ladang investasi. Untuk session #1 kami bahas sekitar 5 efek terlebih daulu, dan akan kami lanjut untuk session #2nya di lain waktu. (ery/c1/sip).


Info Terkait

Bagaimana Menurutmu?

Komentari Artikel Ini

Your email address will not be published.

Berita: MALANG | Indonesia | Mancanegara | INFO GEAR | FaMoooSsss | Info Event | Foto | Kami | IKLAN | Sitemap | Kontak | REDAKSI | Pedoman Penulisan Siber | Kode Etik Jurnalistik |