“Vintage Gear” Info Efek Yang Menjadi Buruan Para Kolektor #2


Vintage Gear Info Efek Yang Menjadi Buruan Para Kolektor 2

Portalmusikmalang.com – Updaters, beberapa minggu lalu kami membahas beberapa efek yang masuk dalam kategori klasik modern, dan masih di gunakan hingga sampai saat ini. (Baca juga : “Vintage Gear” Info Efek Yang Menjadi Buruan Para Kolektor #1) Sebagai kelanjutan dari sesi lalu, kini kami melanjutkan ulasan tentang produk-produk efek yang legendaris di eranya hingga sampai saat ini.

Maestro Echoplex EP-1

Maestro Echoplex EP-1

Maestro Echoplex EP-1, vintage 1950’s

Efek ini adalah sebuah EchoSonic yang mempunyai tape echo sebagai fiturnya. Ray Butts pertama kali membuatnya pada tahun 1950. Player tenar pada eranya seperti Scotty Moore dan Carl Perkins adalah pertama kali yang mempopulerkan efek tersebut. Echoplex EP-1 dirancang dengan menggunakan sirkuit Echosonic didalamnya. Menurut para kolektor efek langka, EP-1 merupakan jenis echo yang susah dicari dipasaran, jarang sekali artikel yang mengulas produk tersebut, beda dengan varian penerusnya, seperti EP-3 maupun EP-4. Nah updaters, konon di pasaran vintage gear, EP-1 tembus dengan estimasi Rp. 13juta – 15juta.

Roland Space Echo RE-201

Roland Space Echo RE-201

Roland Space Echo RE-201, vintage 1970’s

Nah, yang ini tidak kalah keren dengan Echoplex, Produk roland keluaran tahun 1970 ini secara tampilan fisik cukup besar bila dibandingkan efek-efek pada umumnya, jika anda melihat sebuah Head amplifier gitar/bass, nah kurang lebih perbandingan dimensi ukuranya seperti itu.

RE-201 mempunyai kecepatan motorik yang variable, menghasilkan sound reverb dan jenis tap delay yang benar-benar pure analog. Menariknya, RE-201 ini di gerakan oleh putaran pita (seperti pita kaset) yang memutar secara tidak beraturan di machine headnya, jika anda membuka penutup atasnya, disanalah terdapat pita yang nampak tak beraturan. Nama-nama besar seperti Johnny Greenwood, Yngwie Malmsteen, Randy Rhoad ikut merasakan sound yang benar-benar terasa analog banget dari produk ini. Di kalangan kolektor, efek ini menjadi buruan yang termasuk golongan “NONGOL DISIKAT”, harga estimasi pasar berkisar Rp. 13jt-an.

Vox Clyde McCoy Wah Wah

Vox Clyde McCoy Wah Wah

Vox Clyde McCoy Wah Wah, vintage 1966’s-1967’s

Nah, untuk penggemar efek jenis WAH, ini adalah salah satu produk legendaris dari Vox Clyde McCoy, di buat pada tahun 1966-1967 (waooww limited banget so pastinya). Clyde McCoy Wah di adopsi dari suara khas terumpet Clyde McCoy, yang pada akhirnya WAH ini menjadi surganya para gitaris semenjak pertama kali dirilis. Dengan sound yang cukup ekspresif, definisi tone yang khas menjadi senjata yang kuat produk Clyde McCoy. Estimasi di pasaran vintage gear tembus di angka Rp. 8juta-12juta.

Univox Uni-Vibe

Univox Uni-Vibe

Univox Uni-Vibe, vintage 1960’s-1970’s

Pada era 1960an-1970, Uni-vibe sangat populer, apa pasal? yah, Jimi Hendrix, pada saat itu pria legendaris tersebut yang mempopulerkanya, hingga pada akhirnya banyak penggemarnya “Menjiplak” apa yang di gunakan oleh Hendrix. Uni-vibe adalah sebuah emulasi rotary speaker, yakni memadukan fitur Chorus dan Vibrato, jika updaters mendengarkan sound yang di hasilkan oleh efek ini, kami akui keren banget. Mampu menghasilkan Tone Definition yang ciamik, detail dan akurat.

Tidak salah jika Hendrix begitu mengidolakan efek ini. Chorusnya pun oke banget lho, pure 100% analog, intensitynya di atur sedemikian rupa hingga tidak terlalu over. Gak percaya? coba anda dengarkan salah satu Hits Hendrix “Voodoo Chile”. Gilanya, di pasar Vintage Gear, efek ini bisa di bandrol seharga 17juta-23jt. <Er>.

Sumber : informasi di ambil dari referensi berbagai situs perdagangan alat musik dunia, seperti Ebay, Reverb, Harmony central, dll.


Info Terkait

Bagaimana Menurutmu?

Komentari Artikel Ini

Your email address will not be published.

Berita: MALANG | Indonesia | Mancanegara | INFO GEAR | FaMoooSsss | Info Event | Foto | Kami | IKLAN | Sitemap | Kontak | REDAKSI | Pedoman Penulisan Siber | Kode Etik Jurnalistik |